Bangunan Bersejarah

Selisik MOSVIA, Sekolah Pendidikan Pangeh Praja di Magelang

MOSVIA adalah sekolah bagi HoofdenSchool bentukan Pemerintah Hindia Belanda untuk mencetak pangreh praja atau calon pemimpin

Featured-Image
MOSVIA Magelang 1927 (Dok. KITLV Perpustakaan Leiden)

bakabar.com, MAGELANG - Sepintas gedung yang berdiri di samping Alun-Alun Kota Magelang itu terlihat seperti bangunan biasa.

Namun siapa sangka, ternyata gedung tinggi yang kini difungsikan sebagai kantor Kepolisisan Resor Kota (Polresta) Magelang memiliki menyimpan sejarah tentang pendidikan di Magelang.

Bangunan Polresta Kota Magelang dulunya adalah gedung Middelbare Opleiding School voor Inlandsche Ambtenaren (MOSVIA).

"MOSVIA adalah sekolah bagi HoofdenSchool bentukan Pemerintah Hindia Belanda untuk mencetak pangreh praja atau calon pemimpin," kata Pegiat Komunitas Kota Toewa Magelang, Bagus Priyono.

Baca Juga: Menyusuri Jejak Hoogere Kweekschool, Cikal Bakal Pendidikan Guru di Magelang

Kepada bakabar.com, Bagus menceritakan, pendidikan kala itu bertujuan bukan untuk mencerdaskan masyarakat, melainkan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja rendah yang murah dan terampil.

"Kota Magelang termasuk menjadi pusat missie atau zending yang turut berpengaruh terhadap berdirinya sekolah-sekolah berorientasi barat," sambungnya.

Eks Mosvia Magelang (bakabar.com/arimbihp)
Eks Mosvia Magelang (Foto: bakabar.com/arimbihp)

Menurut Bagus, MOSVIA dibangun hampir bersamaan dengan Kweekschool Voor Inlandsche Ambtenaren yakni pada 1927.

"Hampir bersamaan juga dengan Sekolah calon guru untuk HIS (Holland Indische School) sekolah setingkat SD khusus untuk pribumi, kalau Kweekschool Voor Inlandsche Ambtenaren untuk kaum priyayi," imbuhnya.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner