Sport

Selembar KTP Akhiri Polemik Status Elkan Baggott di Timnas Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Polemik antara PSSI dengan Elkan Baggott sudah berakhir. Pesepakbola berdarah Inggris ini resmi…

Featured-Image
Elkan Baggott menerima KTP Indonesia dari Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, Selasa (9/11). Foto: Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Polemik antara PSSI dengan Elkan Baggott sudah berakhir. Pesepakbola berdarah Inggris ini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki KTP domisili Jakarta, Selasa (9/11).

Elkan Baggott membuat dan menerima KTP tersebut di Kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri. Bek berusia 19 tahun ini ditemani Indra Sjafri yang juga Direktur Teknik PSSI.

“Elkan Baggott telah resmi menjadi WNI. setelah melakukan proses pembuatan KTP,” jelas Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, seperti dilansir IndoSport.

Prosedur yang dijalani Elkan Baggott tidak berbeda dengan WNI lain. Hal tersebut disebabkan Elkan tidal mendapatkan kewarganegaraan sebagai pemain naturalisasi.

Tak mengherankan proses administrasi berlangsung cepat, karena Baggott memiliki wewenang untuk menentukan kewarganegaraan.

“Oleh karena memiliki orang tua WNA dan WNI, setiap warga bebas untuk memilih menjadi WNA atau WNI pula,” beber Zudan Arif.

“Dalam hal ini, Elkan memilih menjadi WNI mengikuti Kartu Keluarga yang dimiliki pihak ibu,” tambahnya.

Dengan demikian, KTP Indonesia sekaligus mengakhiri polemik panjang antara PSSI dengan Baggott.

Sebelumnya Elkan Baggott disinyalir enggan memperkuat Timnas Indonesia dan memilih kewarga negaraan lain.

Elkan Baggott sendiri masuk dalam 26 pemain yang akan melakukan pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki. Agenda ini merupakan persiapan Garuda menghadapi Piala AFF 2020.



Komentar
Banner
Banner