News

Seleksi CPNS Dijanjikan Dibuka Juni 2023, Formasi Lebih Banyak

Sekian lama ditunggu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Featured-Image
Peserta seleksi kompetensi dasar CPNS di Tabalong bersiap menjawab soal menggunakan komputer. Foto:apahabar.com/Dokumen

bakabar.com, JAKARTA - Sekian lama ditunggu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Rencana pembukaan seleksi CPNS tersebut diklaim sedang disusun. Sedangkan seleksi ditargetkan dibuka kuartal III 2023 atau tepatnya Juni.

"Kalender sudah disusun. Kami menargetkan formasi sudah ditetapkan mulai April 2023," papar Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni, seperti dilansir Detik, Sabtu (28/1).

Selain penjaringan CPNS, seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga kembali dibuka.

Meski seleksi PPPK 2022 belum selesai, Kementerian PANRB menjamin semua proses perekrutan akan dijalankan secara paralel.

"InsyaAllah jumlah formasi lebih banyak, karena kami juga menargetkan penyelesaian Tenaga Kerja Honorer (THK), non-ASN dan lain-lain," imbuh Alex.

Diperkirakan seleksi CPNS 2023 berfokus kepada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan, serta tenaga digital seiring transformasi digital.

Sebelumnya Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, juga telah mengisyaratkan pembukaan rekrutmen CPNS 2023. Adapun formasi yang disiapkan di antaranya jabatan tertentu seperti hakim, jaksa dan dosen.

"Pembukaan lowongan CPNS ini akan dibuka seiring indikator jumlah PNS yang pensiun. Pemerintah juga harus memenuhi SDM untuk mendukung program strategis nasional," papar Abdullah.

Editor


Komentar
Banner
Banner