Pemkab Barito Kuala

Selamat! Desa Danda Jaya di Batola Raih Proklim Lestari dari KLHK

Tak sia-sia usaha yang dilakukan Desa Danda Jaya di Kecamatan Rantau Badauh, Barito Kuala (Batola), dalam menggalakkan pengendalian iklim di tingkat tapak.

Featured-Image
Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, bersama Kades Danda Jaya, Diyono, memamerkan trofi ProKlim Lestari yang baru diterima dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Selasa (24/10). Foto: Dokpim Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Tak sia-sia usaha yang dilakukan Desa Danda Jaya di Kecamatan Rantau Badauh, Barito Kuala (Batola), dalam menggalakkan pengendalian iklim di tingkat tapak.

Upaya tersebut diapresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan menyematkan predikat Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari.

Adapun penyerahan trofi, sertifikat dan insentif ProKlim Lestari diserahkan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, kepada Kepala Desa Danda Jaya, Diyono, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, juga memperoleh penghargaan berupa Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kabupaten/Kota.

"Penghargaan yang diberikan merupakan pengakuan atas kerja keras semua pihak, baik dari pelaksanaan Proklim dan kepala daerah yang telah menjalankan fungsi pembinaan dengan baik," papar Siti Nurbaya.

"Juga kepada dunia usaha ataupun lembaga swadaya masyarakat yang mengambil peran aktif dalam mendukung dan mendampingi pelaksanaan Proklim," sambungnya.

Penghargaan Proklim 2023 juga diberikan kepada 36 provinsi dan 347 kabupaten/kota yang telah berpartisipasi dalam melakukan registrasi. Sedikitnya 2.490 lokasi Proklim yang telah teregistrasi dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI).

Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, menerima Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kabupaten/Kota dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Selasa (24/10). Foto: Dokpim Batola
Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, menerima Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kabupaten/Kota dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Selasa (24/10). Foto: Dokpim Batola

Baca Juga: KLHK Mulai Verifikasi Desa Danda Jaya Batola, Target Raih Proklim Lestari

"Semoga dengan apresiasi tersebut dapat menjadi pemicu semangat untuk tetap bekerja dan berjuang untuk kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan dunia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin berat," tegas Siti.

Selain Danda Jaya, tercatat 26 lokasi yang memperoleh predikat Proklim Lestari. Kemudian 55 lokasi Proklim Utama penerima trofi, sertifikat dan insentif, serta 442 lokasi penerima sertifikat Proklim Utama.

Juga diserahkan apresiasi pembinaan ProKlim kepada 10 gubernur, 13 wali kota/penjabat wali kota dan 42 bupati/penjabat bupati, serta 23 lembaga/dunia usaha.

Salah satu Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Provinsi diterima Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor.

Sementara selain di Barito Kuala, pembinaan ProKlim tingkat kabupaten/kota dianugerahkan kepada Banjar, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tabalong, Tanah Laut, dan Pemkab Tapin.

Sedangkan apresiasi untuk dunia usaha/perusahaan di Kalsel yang dinilai mendukung keberlangsungan ProKlim adalah PT Talenta Bumi, PT  Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Unit Tarjun dan PT Arutmin Indonesia Tambang Asam-Asam.

Editor
Komentar
Banner
Banner