Hot Borneo

Selama September, Wilayah Kalteng Bakal Kerap Diguyur Hujan

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tjilik Riwut Kota Palangka Raya…

Featured-Image
Suasana Banjir di kawasan Pasar Kahayan Palangka Raya pada Bulan November 2021. Foto-apahabar.com/Andre.

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tjilik Riwut Kota Palangka Raya mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan di beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Tjilik Riwut Palangka Raya, Ika Priti saat dihubungi bakabar.com Selasa (6/9) pagi menjelaskan, secara umum pada bulan September ini, di Kalteng akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

“Wilayah yang diprediksi mengalami hujan intensitas tinggi ini meliputi wilayah Kabupaten Murung Raya, Kapuas Bagian Utara, Barito Utara, Gunung Mas, Katingan Bagian Utara, Kotawaringin Timur Bagian Utara, Sebagian Kabupaten Seruyan Bagian Utara, Lamandau, Kotawaringin Barat, dan Sukamara Bagian Utara” ujarnya.

Sementara untuk wilayah lainnya hanya mengalami intensitas hujan ringan hingga sedang yang meliputi, Kota Palangka Raya, Barito Selatan, dan Pulang Pisau.

“Untuk kategori intensitas menengah curah hujannya antara 200-300 ml, sedangkan untuk kategori tinggi curah hujannya antara 300-400 ml” jelasnya.

Ika Priti mengimbau agar masyarakat di Kalteng waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, petir dan pohon tumbang.

“Kami mengimbau khususnya masyarakat yang bermukim di bantaran sungai agar selalu waspada, karena sewaktu-waktu air akan bisa meluap jika hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner