Hot Borneo

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Kalteng Hari Ini, Kalsel Aman

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Tengah (Kalteng) hari ini.

Featured-Image
Ilustrasi - Cuaca cerah berawan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Foto-apahabar.com/Aprie

bakabar.com, BANJARMASIN - Bukan untuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Tengah (Kalteng) hari ini.

Mengutip laman resmi BMKG, Sabtu (10/6), cuaca Kalteng diprakirakan turun hujan dengan intesitas sedang hingga lebat di tiga kabupaten.

BMKG memprakirakan potensi hujan juga bakal disertai petir dan angin kencang yang melanda Kabupaten Barito Utara (Barut), Gunung Mas, dan Murung Raya.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan warga untuk waspada potensi yang dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin   kencang   di   wilayah   Kab.   Barito   Utara,   Gunung   Mas,   dan   Murung   Raya. Waspada   potensi   kemudahan   terjadinya   kebakaran   hutan   dan   lahan   di   sebagian   besar   wilayah Kalimantan   Tengah.   Dihimbau   kepada   masyarakat   agar   tidak   melakukan   pembakaran   lahan   untuk tujuan   apapun," tulis BMKG.

Umumnya potensi hujan di Kalteng bakal terjadi pada siang hari. Sementara pada pagi, malam dan dini hari cuaca Kalteng dalam keadaan berawan.

Untuk suhu udara Kalteng sendiri berada pada kisaran 24-33 derajat celcius. Kelembaban udara pada rentang 55-100 persen.

Sementara untuk cuaca Kalsel hari ini, BMKG tidak meliat adanya acaman berarti. Sehingga tidak ada peringatan dini BMKG untuk mengingatkan warga waspada.

Kendati demikian cuacanya cukup panas. Pagi hari, cuaca Kalsel terpantau cerah. Sedangkan pada siang, malam dan dini hari nanti dalam keadaan cerah berawan.

Suhu udara Kalsel berada pada kisaran 23-33 derajat celcius dan tingkat kelembaban antara 50-95 persen.

Baca Juga: Kabar Gembira, Kalsel Dapat Tambahan Kuota Haji

Editor


Komentar
Banner
Banner