LIFESTYLE

Selain Teknik Pertambangan, Intip Jurusan yang Lulusannya Dibutuhkan PT Pertamina

Lulus dan bisa diterima kerja di tempat prestisius jadi impian banyak calon mahasiswa. Terlebih jika bisa berkarir di PT Pertamina.

Featured-Image
Lulusan teknik menjadi priorotas dalam bursa kerja PT Pertamina. Foto: dok. Disnakertrans.

bakabar.com, JAKARTA – Lulus dan bisa langsung diterima kerja di tempat prestisius jadi impian banyak calon mahasiswa. Terlebih jika bisa berkarir di PT Pertamina yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tawaran gaji menggiurkan.

Dengan alasan demikian, maka banyak calon mahasiswa yang berminat mengambil jurusan tertentu yang nantinya bisa langsung mengisi sejumlah posisi di perusahaan minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia ini.

Lantas, jurusan kuliah apa sajakah yang dibutuhkan oleh PT Pertamina? Merangkum berbagai sumber. Berikut daftar jurusan kuliah yang lulusannya mayoritas dibutuhkan oleh PT Pertamina:

1. Teknik Mesin

Banyak yang beranggapan jika lulusan teknik mesin hanya bekerja di bengkel atau industri otomotif saja, rupanya lulusan dari jurusan in juga dibutuhkan PT Pertamin

Sebab lulusan teknik mesin memiliki kompetensi dalam perawatan dan memperbaiki kerusakan pada mesin, sehingga berguna dalam kerja-kerja di industri pertambangan khususnya PT Pertamina yang memang dekat dan bergantung pada mesin.

2. Teknik Pertambangan

Mengingat PT Pertamina yang merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pertambangan membuat jurusan kuliah ini memiliki tempat tersendiri.

Dengan bermodalkan ilmu tentang proses penambangan membuat lulusan teknik pertambangan akan dipandang lebih.

3. Teknik Perminyakan

Sebagai badan usaha yang bergerak di bidang migas maka PT Pertamina membutuhkan lulusan teknik perminyakan.

Pada program studi ini banyak mempelajari tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan gas dan minyak.

4. Teknik Sipil

Lulusan dari jurusan ini termasuk yang dicari oleh PT Pertamina. Betapa tidak, sebab Teknik Sipil merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur ini juga penting dalam industri pertambangan. 

5. Teknik Informatika

Di tengah meningkatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat jurusan teknik informatika dibutuhkan oleh setiap perusahaan, yang berkaitan dengan keahliannya yang menguasai bahasa pemrograman.

Di perusahaan seperti PT Pertamina terdapat posisi IT yang nantinya akan diisi oleh lulusan jurusan ini.

Itulah sederet jurusan yang lulusannya berpeluang besar menjadi bagian dari posisi tertentu di PT Pertamina. Nah, bagi para calon mahasiswa yang berminat, bisa menyiapkan diri untuk berkompetisi di jurusan-jurusan tersebut. Selamat mencoba.

Editor


Komentar
Banner
Banner