LIFESTYLE

Selain Lee Seung Gi, Ini Deretan Artis K-pop yang Bermasalah dengan Agensinya

Lee Seung Gi tengah berseteru dengan agensi yang menaunginya, Hook Entertainment. Sederet artis K-pop lainnya juga pernah mengalami permasalahan serupa.

Featured-Image
Lee Seung Gi. Foto: dok.Wolipop.

bakabar.com, JAKARTA - Lee Seung Gi tengah berseteru dengan agensi yang menaunginya, Hook Entertainment. Aktor sekaligus penyanyi itu mengaku bahwa karya bermusiknya selama 18 tahun tak pernah mendapat bayaran.

Fakta tersebut pertama kali dikemukakan ke publik pada awal November lalu. Sang bintang Vagabond itu meminta agar catatan akuntansi pembayarannya diungkap secara transparan. 

Belakangan, CEO Hook Entertainment, Kwon Jin Young, justru kedapatan menanggapi permintaan itu dengan ancaman. Dalam rekaman suara yang dibagikan Dispatch, Kwon terdengar memaki Seung Gi dengan bahasa kotor.

Sang CEO berulang kali bersumpah akan membunuh aktor Mouse itu. “Saya bersumpah atas nama saya bahwa saya akan membunuhnya. Saya akan menghabiskan sisa hidup mencoba membunuh Lee Seung Gi,” ujarnya.

Perseteruan antara Lee Seung Gi dengan pihak agensinya bukanlah yang kali pertama terjadi di industri hiburan K-pop. Sederet bintang lainnya diketahui juga pernah mengalami hal serupa, bahkan sampai berujung hengkang.

Lantas, siapa sajakah artis K-pop yang sempat bermasalah dengan agensinya itu? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

OMEGA X

Baru-baru ini, boy band OMEGA X juga mengungkapkan masalah yang dihadapinya dengan pihak agensi kepada publik. Dalam sebuah konferensi pers, Jae Han cs mengaku mendapat perlakukan tidak senonoh dari CEO Spire Entertainment, agensi yang menaunginya.

Kang Seong Hee, yang kini telah mundur dari jabatannya, diklaim sering melakukan pelecehan seksual dan penyerangan fisik terhadap anggota OMEGA X. Hal ini sebagaimana yang dilaporkan SBS News.

Berdasarkan laporan itu, terungkap OMEGA X mendapat tindakan buruk dari Kang, mulai dari penyerangan verbal maupun fisik, sampai dilecehkan secara tidak senonoh. Ini berlangsung di tengah pesta minum-minum perusahaan, juga di bandara Los Angeles.

Seorang member OMEGA X bahkan bersaksi, "CEO Kang memegang tangan dan menyentuh wajah kami. Dia juga melecehkan kami secara seksual seperti memeluk lengan dan bagian tubuh lainnya."

Kang Daniel

Solois Kang Daniel pernah berkonflik dengan agensi lamanya, LM Entertainment. Perseteruan ini berawal ketika perserta Produce 101 itu mengajukan pembatalan kontrak secara tiba-tiba, dua bulan usai menandatanganinya pada Januari 2019. 

Konflik jadi kian pelik dengan adanya masalah jual kontrak eksklusif. Setelah penyelidikan yang panjang, akhirnya Kang Daniel menjadi free agent pada Mei 2019. 

Tanpa menunggu waktu lama, dia pun mendirikan agensi bernama KONNECT Entertainment. Selang sebulan setelahnya, atau pada Juli 2019, Daniel akhirnya resmi debut sebagai solois.

Hyuna dan E’Dawn

Hyuna dan E'Dawn awalnya merupakan artis yang sama-sama tergabung di agensi Cube Entertainment. Mereka sempat mengalami konflik dengan perusahaan ketika dirumorkan berpacaran pada Agustus 2018.

Agensi yang menaungi keduanya pun membantah rumor tersebut. Namun, Hyuna dan E'Dawn justru mengaku betulan berkencan, bahkan membeberkan bahwa sudah menjalin hubungan sejak 2016.

Akibatnya, pada 13 September 2018, Cube Entertainment mengumumkan akan mengakhiri kontrak dengan pasangan tersebut. Mereka berdalih keduanya tidak dapat 'mempertahankan kepercayaan' dengan agensi. 

Hyuna dan E'Dawn pun resmi hengkang dari agensi tersebut pada Oktober 2018. Kemudian, bergabung dengan agensi PSY yang bernama P Nation.

Itulah sedikitnya tiga artis K-pop yang pernah bermasalah dengan agensinya. Dari kisah mereka, bisa diketahui bahwa kehidupan para bintang di industri hiburan Korea Selatan tak seindah yang dibayangkan.

Editor


Komentar
Banner
Banner