Kabar Duka

Sekilas Mengenang Abah Muchtar Ulama Pemangkih HST

Kabar Duka, Pengasuh Ponpes Ibnul Amin Pamangkih KH Muchtar Wafat, Berikut Biografi Singkatnya

Featured-Image
Pengasuh Ponpes Ibnul Amin, Pamangkih, KH Muchtar HS, meninggal dunia, Sabtu (17/6).

bakabar.com, BARABAI - Awang mendung menggelayuti Kalimantan Selatan. Ulama sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), KH Muchtar HS meninggal dunia.

Sosok yang biasa disapa Abah Muchtar tersebut wafat di RSUD H Damanhuri Barabai pada Sabtu (17/6) pukul 10.45 Wita. Selepas asar, jasad sang ulama dikebumikan di kompleks Ponpes Ibnul Amin.

Baca Juga: Kabar Duka, Legislator Banjarmasin Zaenal Husni Tutup Usia

KH Muchtar merupakan pimpinan atau pengasuh Ponpes Ibnul Amin Pamangkih yang kedua. Ia dilahirkan 15 Ramadan 1361 hijriah atau bertepatan 25 September 1942 di Desa Mundar, Kecamatan Labuan Amas Utara. Sang ayah bernama H Salaman dan ibu Hj Andaluh. 

Tercatat sejak 1958, KH Muchtar sudah aktif mengelola dan membina pondok salafiah tersebut bersama-sama KH Mahfuz Amin yang merupakan pendiri sekaligus pimpinan pertama Pesantren Pamangkih.

Baca Juga: Kabar Duka, Hasanuddin Murad Tutup Usia di Malaysia

"Beliau memang telah lama sakit dan sempat dibawa ke RSHD Barabai, dan meninggal sekitar pukul 11.00 WITA tadi," kata salah seorang Alumni Ponpes dan juga wakil ketua DPRD HST, Taufik Rahman melansir Antara

"Pada ramadan tadi usia beliau sudah mencapai 83 tahun," sambung alumnus Ponpes Ibnul Amin Tahun 1992-1998 tersebut.

Pondok pesantren Ibnul Amin sendiri didirikan sejak tahun 1958 dan telah banyak menamatkan ribuan santri-santri yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan hingga penjuru negeri ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner