kabar viral

Sekelompok Hiu Paus Muncul di Perairan Teluk Jakarta

apahabar.com, JAKARTA - Sekelompok Wisatawan yang sedang bermain jetski di kagetkan dengan kemunculan beberapa ekor hiu di perairan Teluk Jakarta, Minggu (4/6).

Featured-Image
Kemunculan sekelompok hiu paus mengejutkan sejumlah wisatawan Jetski di Teluk Jakarta.

bakabar.com, JAKARTA - Sekelompok wisatawan yang sedang asyik bermain jetski dikejutkan oleh kemunculan beberapa ekor hiu di perairan Teluk Jakarta, Minggu (4/6). Mereka lantas mengabadikan kemunculan hewan laut jumbo itu ke media sosial.

Dalam video, sejumlah wisatawan tampak menggunakan jetski mula-mula menghitung berapa kemunculan hiu paus tersebut. Selanjutnya, satu per satu hiu paus bermunculan ke permukaan air tanoa mengganggu para wisatawan. 

Peneliti Ahli Madya di Pusris Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Fahmi menjelaskan bahwa satwa yang terlihat itu adalah hiu paus atau dalam bahasa ilmiahnya Rhincodon typus.

Baca Juga: Bank Indonesia Dukung Wisata Hiu Paus di Desa Botubarani Gorontalo

"Perlu kita ketahui bersama bahwa ikan hiu paus merupakan satu-satunya ikan hiu yang sudah dilindungi secara penuh di wilayah Indonesia. Dan itu berdasarkan surat keputusan Menteri kelautan dan perikanan nomor 18 Tahun 2013," ujar Fahmi saat dikonfirmasi bakabar.com, Minggu (4/6).

Menurutnya, hiu paus ini bukan jenis ikan yang berbahaya. Sebab, merupakan pemakan Plankton atau memakan udang-udangan kecil ataupun ikan-ikan kecil yang hidup secara berkelompok.

Baca Juga: Perlindungan Hiu Berjalan, KKP Siapkan Aksi Konservasi Lanjutan

"Kemunculan ikan hiu paus secara bergerombol di Teluk Jakarta ini menjadi fenomena yang menarik sebenarnya," ucapnya.

Sifat dasar hiu paus adalah berkelompok. Namun ia menjelaskan kalau Hiu Paus bisa berkelompok di suatu fase atau bila hal-hal yang menarik pada untuk datang ke wilayah tersebut.

"Faktor yang menyebabkan kenapa mereka bisa berkumpul adalah kemungkinan di lokasi tersebut terdapat sumber makanan mereka yang cukup melimpah baik itu ada kumpulan ikan banyak temukan di sana ataupun adanya jenis-jenis udang-udangan," kata Fahmi.

Editor


Komentar
Banner
Banner