Pemkot Banjarmasin

Segera Ikuti Lomba Desain Motif Sasirangan di Banjarmasin, Ditargetkan 50 Peserta

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin berencana melaksanakan lomba desain motif sasirangan se-Kota Banjarmasin.

Featured-Image
Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin berencana melaksanakan lomba desain motif sasirangan se-Kota Banjarmasin. Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin berencana melaksanakan lomba desain motif sasirangan se-Kota Banjarmasin.

Sosialisasi pun dilakukan jajaran Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Banjarmasin, kepada calon peserta yang akan mendaftar.

Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan, lomba itu merupakan kegiatan dari Disperdagin yang bekerja sama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Banjarmasin.

"Lomba tersebut juga masuk dalam rangkaian event Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF)," ujarnya.

Ia menerangkan lomba motif sasirangan ini bertujuan untuk mendorong para peserta untuk bisa menciptakan karya baru sesuai tema "Pesona Seribu Sungai".

"Kita targetkan peserta di tahun ini sebanyak 50 yang terdiri dari pengrajin baru maupun peserta sebelumnya pernah ikut perlombaan. Alhamdulillah di tahun ini ada 54 peserta yang sudah mendaftar," tuturnya.

Adapun ketentuan peserta ikut lomba tersebut sebutnya bagi pengrajin yang sudah pernah meraih juara pertama di tahun sebelumnya, tidak diperkenankan lagi mengikuti.

Namun, lanjutnya diperkenankan bagi para peserta yang sebelumnya meraih juara 2 dan 3 di perlombaan tahun lalu.

"Bagi peserta baru mengikuti perlombaan harus memberikan fakta integritas bahwa hasil karya yang diciptakan karya mereka sendiri," jelas Tezar.

Sedangkan perlombaan sendiri dimulai usai sosialisasi tersebut dimana mereka akan membuat kain sasirangan, yang akan dinilai saat mendekati atau berbarengan pelaksanaan BSF.

Editor
Komentar
Banner
Banner