Pemilu 2024

Sederet Janji SBY Jika Demokrat Menang Pemilu 2024

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, menebar janji ke warga dan para kadernya di Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/1).

Featured-Image
SBY hadiri pertemuan dengan warga dan kader Partai Demokrat di Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/1). apahabar.com/Hendra

bakabar.com, BOGOR - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, menebar janji ke warga dan para kadernya di Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/1).

SBY mengatakan apabila Partai Demokrat berhasil menang Pemilu dan kembali ke pemerintah nasional ada 14 agenda yang akan dilakukannya.

"Semua yang saya sampaikan, insyaallah saya yakini bisa dijalankan. Mengapa? Misalnya jika kami kembali ke pemerintah, akan berjuang habis agar gaji ASN, TNI-Polri, guru, tenaga kesehatan, perangkat desa, dan pensiunan, itu benar-benar setiap tahun dinaikkan," kata SBY dalam orasi politiknya.

Baca Juga: SBY Kenalkan AHY sebagai Pemimpin Baru Demokrat ke Kader Partai

SBY mengatakan Partai Demokrat tidak hanya berjanji tanpa bukti. Sebab menurut dia, hal itu pernah dilakukannya.

"Kalau sekarang sedang dibicarakan nasib guru honorer, pegawai honorer, maka Demokrat berani mengatakan jika kami nanti kembali ke pemerintahan dan kuat ke DPR, maka secara bertahap mereka akan kita angkat," jelasnya. 

"Dulu waktu saya mengemban amanah, sudah kita angkat 1,1 juta pegawai dan guru honorer," sebutnya.

Baca Juga: Raffi Ahmad Datang di Debat Cawapres: Saya Ingin Lihat Debat yang Demokratis

Kemudian terkait penciptaan lapangan pekerjaan, menurut dia pernah dilakukannya. Dia membeberkan daya menurunkan pengangguran.

"Dulu kita turunkan pengangguran yang tadinya 11%, tinggal 5%. Pengangkatan penghasilan dan daya beli naik 30%. jadi kalau kita ingin naikkan lagi, dulu kita sudah buktikan," jelasnya.

SBY juga berjanji akan meningkatkan gaji ASN, TNI-Polri, aparat desa, hingga pensiunan naik setiap tahun. Kebijakan di pertanian dan perikanan juga dijanjikannya.

Baca Juga: Gibran Obral Jargon, IESR Bandingkan Capaian EBT Era SBY dan Jokowi

"Pupuk untuk petani, barangnya ada, bisa terjangkau, dan harganya relatif murah. solar untuk nelayan juga begitu, upah buruh kita tingkatkan, peningkatannya tajam. Ekonomi tumbuh, alhamdulillah 6%, dari 4% yang saya terima, saya naikkan 6%, sekarang sekitar 5%," ungkapnya.

Termasuk menurutnya UMKM juga perlu didorong agar berkembang terus. Dia juga berjanji Partai Demokrat akan menurunkan utang pemerintah. Karena dulu pernah dilakukannya.

"Apa artinya? Kalau kita punya penghasilan, dulu, separuh untuk utang. di akhir jabatan pemerintahan yang saya pimpinan tinggal seperempatnya. sekarang naik lagi menuju 40% dan masih bisa naik. Ini harus bisa kita cegah, karena yang menanggung utang anak cucu kita," tuturnya.

Baca Juga: Di Semarang, SBY Bilang Capres Prabowo Cakap Supaya Pilpres Damai

Dia juga berjanji penegakkan hukum akan ditingkatkan, dengan tidak tebang pilih. Demokrasi juga akan dijamin kebebasannya. "Lingkungan hidup harus juga dijaga untuk anak cucu kita. Dulu pernah kita lakukan, dulu sudah kita jalankan, dan uangnya sudah cukup," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner