Pemko Banjarbaru

Satu Syarat Belum Terpenuhi, Vaksinasi Anak di Banjarbaru Ditarget Paling Lambat Awal Tahun

apahabar.com, BANJARBARU – Satu lagi syarat vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun terpenuhi di Kota Banjarbaru….

Featured-Image
Ilustrasi vaksinasi anak usia 6-12 tahun. Foto-net

bakabar.com, BANJARBARU – Satu lagi syarat vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun terpenuhi di Kota Banjarbaru.

Untuk diketahui, menurut Epidemiolog Kesehatan dari Dinas Kesehatan Banjarbaru, Edi Sampana, syarat vaksinasi anak umur di bawah 12 tahun pada suatu daerah harus memenuhi cakupan total vaksinasi dosis 1 minimal 70 persen. Dan cakupan dosis 1 orang lanjut usia minimal 60 persen.

Per Rabu (15/12) kemarin, cakupan vaksinasi dosis 1 di Banjarbaru sudah mencapai 73,18 persen. Namun sayang untuk vaksinasi lansia masih 51,11 persen.

“Banjarbaru sedang berusaha agar cakupan vaksinasi lansia 60 persen tercapai pada akhir tahun ini,” ujar Edi kepada bakabar.com, Kamis (16/12).

Artinya, vaksinasi anak di Banjarbaru masih menunggu syarat vaksinasi lansia tercapai. “Untuk memenuhi syarat itu, minimal memvaksin 1.212 Lansia lagi,” jelas Edi.

Meski demikian, capaian vaksinasi lansia dosis 1 di Banjarbaru masih tertinggi kedua di Kalsel, sedangkan capaian dosis 2 tertinggi se-Kalsel dengan 42,61 persen.

Sementara itu, Kadinkes Kota Banjarbaru Rizana Mirza mengatakan, untuk teknis pelaksanaan nanti paling lambat awal tahun depan.

Sebab, selain menunggu syarat vaksinasi lansia tercapai, juga menunggu distribusi stok vaksinnya.

“Kita masih menunggu dulu ya, mungkin akhir tahun ini atau awal tahun depan kita bisa laksanakan,” katanya

Karena petunjuk teknisnya sendiri sebut Rizana sudah ada, yakni surat dari Kemenkes, juga vaksinnya sudah ditentukan. Tetapi kembali lagi, masih menunggu kiriman vaksin dari pusat.

“Kalau syarat memenuhi, dan vaksin datang, langsung kita laksanakan. Karena saat ini yang prioritas masih daerah Jawa dulu seperti Jakarta,” tuntas Kadinkes.



Komentar
Banner
Banner