Nasional

Satlantas Tapin Larang Angkutan Besar Lewat di Haul Akbar Datu Kabul

Antisipasi terjadi kemacetan di momen haul atau Datu Kabul ke-13, Satlantas Polres Tapin imbau angkutan besar roda empat ke atas lewat jalur Margasari.

Featured-Image
Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin saat memantau persiapan Haul Datu Kabul di Desa Baulin, Kecamatan CLS. Foto - Humas Pemkab Tapin

bakabar.com, RANTAU - Antisipasi terjadi kemacetan di momen haul Datu Kabul ke-13, Satlantas Polres Tapin imbau angkutan besar roda empat ke atas untuk tidak lewat jalur Margasari-Marabahan atau sebaliknya. 

Haul Akbar Syekh Muhammad Mahmud Al-Kabul atau Datu Kabul rencananya akan digelar pada besok Sabtu (21/10) di Desa Baulin, Kecamatan Candi Laras Selatan, Tapin.

Kasat Lantas Polres Tapin, AKP Imam Suryana meminta secara khusus untuk pengguna jalan roda empat ke atas pada pelaksanaan haul nanti agar tidak melintas terlebih dahulu di jalur Margasari-Marabahan atau sebaliknya.

"Sejak pukul 07.00 WITA sampai selesai acara. Kalaupun itu mendesak ataupun ada kepentingan lebih baik mengambil jalur kota Jalan A Yani," pintanya.

Hal itu tidak lain untuk kenyamanan bersama serta mengantisipasi terjadinya kemacetan dan kelancaran lalu lintas. Karena saat haul akbar Datu Kabul diduga akan ada ribuan jemaah yang akan hadir.

"Kalaupun sudah terlanjur agar memarkirkan ditempat yang lebih luas terlebih dahulu pada saat pelaksanaan haul Datu Kabul nanti," lanjutnya.

AKP Imam juga mengimbau untuk jemaah ataupun peserta haul Datu Kabul untuk mengutamakan keselamatan serta mematuhi aturan berlalu lintas dan petugas yang menjaga di jalur nantinya.

"Jangan ngebut, sabar. Utamakan keselamatan dan patuhi aturan petugas di lapangan agar terhindar dari laka," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Candi Laras Selatan, Zaul Rahman menyampaikan untuk persiapan, secara keseluruhan sudah mencapai 95 persen.

"Listrik, tenda ataupun rest area maupun titik parkir sudah siap. 5 persennya itu sisa yang sedikit-sedikit lah," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon.

"Khusus parkir VIP berbeda dengan umum yang berada di dekat makam. Sedangkan VIP, parkir di Polsek CLS serta masjid samping Polsek. Kemudian mereka pakai kelotok atau kapal kecil menuju lokasi makam,” jelasnya.

Adapun untuk pengunjung atau jemaah Haul Datu Kabul nantinya yang berhadir, Ia memperkirakan mencapai puluhan ribu orang yang akan datang.

"Kalau perkiraan 30 ribuan seperti yang tahun sebelumnya," ucapnya.

Zaul berharap haul Datu Kabul kali ini bisa berjalan dengan lancar dan Kecamatan Candi Laras Selatan bisa mendapatkan berkah.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan membawa berkah untuk desa Desa Baulin pada umumnya Kecamatan CLS, Kabupaten Tapin," tutupnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner