News

Satlantas Polres Kotim Tingkatkan Patroli Cegah Balap Liar Bulan Ramadan

Satuan Lalulintas Polres Kotim, Polda Kalteng, meningkatkan giat patroli di Kota Sampit, terutama pada lokasi jalan yang menjadi sasaran rawan balap liar.

Featured-Image
Pengamanan gabungan yang dilakukan Sat Lantas bersama Sat Sabhara dan Polsek Jajaran, mencegah aksi balap liar, di jalan Tjilik Riwut, depan Stadion 29 November Sampit, yang kerap di jadikan lokasi balap liar. Sabtu (16/3/2024) pagi. Foto Sat Lantas Polres Kotim

bakabar.com, SAMPIT - Satlanta Polres Kotim, Polda Kalteng meningkatkan patroli mencegah balap liar di bulan Ramadan.

"Kita optimalisasi strong point dan patroli hunting dilaksanakan di lokasi yang rawan aksi balap liar, seperti jalan Tjilik Riwut depan Stadion 29 November, Taman kota Sampit, Jalan Ahmad Yani hingga HM Arsyad depan wisma Kahayan," kata Kapolres Kotim, AKBP Sarpani, melalui Kasat Lantas AKP Firdaus Canggih Pamungkas, kepada media ini, Sabtu (16/3).

Diungkapkan, giat patroli juga dilaksanakan untuk mencegah adanya gangguan keamanan, ketertiban, dan kelancaran (kamseltibcar) lalulintas, khususnya mencegah balapan di jalan raya dan juga mencegah kejahatan jalanan.

"Secara teknis, pencegahan dan penertiban aksi balap liar selain dilaksanakan oleh Satlantas, juga melibatkan Sat Sabhara dan Polsek Jajaran serta dukung penuh oleh satuan fungsi yang lain," ungkapnya.

Kasat Lantas menambahkan, pencegahan telah dilakukan Sat Lantas Polres Kotim, seperti melakukan upaya pre emtif melalui sosialisasi dan imbauan kemasyarakat secara langsung melalui brosur, spanduk, media elektronik serta media sosial Satlantas Polres Kotim.

Pengamanan di waktu subuh, di jalan HM Arsyad, depan Wisma Kahayan, yang kerap di jadikan lokasi balap liar di Sampit.
Pengamanan di waktu subuh, di jalan HM Arsyad, depan Wisma Kahayan, yang kerap di jadikan lokasi balap liar di Sampit. Foto: Polres Kotim

Demikian juga upaya preventif dengan melaksanakan patroli dan penempatan personel pengamanan pada jam-jam rawan, seperti pada sore hari jelang berbuka puasa, malam saat salat tarawih, dan di waktu subuh.

Polres Kotim, juga merespons cepat keluhan masyarakat baik yang melapor melalui WhatsApp (WA) ataupun sosial media.

“Langkah-langkah itu merupakan upaya proaktif kami untuk mencegah dan menangkal gangguan kamseltibcar lantas dan kamtibmas pada waktu yang rawan ini,” tegasnya.

Firdaus Canggih Pamungkas juga mengajak masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban selama Ramadan dengan tidak melakukan aksi balapan liar. 

Pengendara hendaknya tidak menggunakan knalpot brong yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat.

"Kita berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah di bulan ramadan yang penuh berkah ini," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner