Piala AFF 2022

Sandy Walsh Tinggalkan Timnas Indonesia

Sandy Walsh harus meninggalkan TC Timnas Indonesia lantaran dipanggil oleh klubnya di Belgia dan akan kembali saat skuad Garuda melawan Brunei di Piala AFF 2022

Featured-Image
Sandy Walsh tinggalkan TC timnas Indonesia di Bali (Foto: Twitter @sandywalsh_)

bakabar.com, JAKARTA –Timnas Indonesia harus kehilangan Sandy Walsh yang kembali ke Belgia, bersama klubnya, KV Mechelen setelah sempat mengikuti sesi pemusatan latihan (TC) di Bali.

Pemain naturalisasi, Sandy Walsh terpaksa meninggalkan pemusatan latihan timnas Indonesia dalam persiapan Piala AFF 2022 mendatang karena diminta untuk memperkuat klubnya dalam lanjutan Liga 1 Belgia 2022/2023.

Kabar kepergian  Sandy Walsh dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang membenarkan bahwa pemain berusia 27 tahun itu meninggalkan TC timnas karena dipanggil oleh timnya.

“Sandy kembali dulu ke klubnya karena diminta, nanti dia akan kembali lagi menyusul di Malaysia,” kata Mochamad Iriawan, dikutip dari Antara, Kamis (8/12).

Baca Juga: Perdana Bela Timnas di Piala AFF 2022, Sandy Walsh Ingin Juara

Kendati demikian, merujuk pada pernyataan Ketum PSSI itu, Sandy Walsh akan kembali memperkuat timnas Indonesia ketika skuad Garuda memainkan laga kedua Grup A Piala AFF 2022 pada 26 Desember mendatang.

Sekedar informasi, klub Sandy Walsh, KV Mechelen akan dijadwalkan memainkan laga lanjutan matchday ke-18 Liga Belgia 2022/2023 dengan melawan Cercle Brugge 24 Desember mendatang.

Setelah pertandingan tersebut, klub KV Mechelen mendapat waktu rehat yang cukup panjang sehingga hal ini bisa menjadi waktu kembalinya Sandy Walsh memperkuat timnas di ajang Piala AFF 2022.

Meski begitu, Sandy Walsh bakal akan absen membela timnas Indonesia  di matchday pertama Grup A Piala AFF 2022.

Baca Juga: Perpindahan Federasi Diterima FIFA, Sandy Walsh Akan Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Namun, juru taktik timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak ambil pusing soal kabar tersebut. Shin pun meyakini bahwa Sandy Walsh akan siap jika dipanggil oleh skuad Garuda.

“Tidak khawatir sama sekali ya untuk Sandy Walsh balik ke klub, karena dia bakal bergabung juga saat kami di Malaysia nanti,” tutur Shin Tae-yong.

Sandy Walsh merupakan pemain naturalisasi yang belum lama ini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan pindah federasi menjadi bagian dari PSSI.

Pemain keturunan Belanda-Indonesia itu menjadi satu dari tiga pemain naturalisasi selain Jordi Amat, Marc Klok, dan Ilija Spasojevic, yang di panggil Shin Tae-yong untuk TC timnas Indonesia di Bali sejak 28 November lalu.

Untuk diketahui, Indonesia akan melawan Kambooja pada laga perdana di Grup A Piala AFF 2022 pada 23 Desember mendatang.

Tiga hari setelahnya, skuad Garuda akan bertandang ke Malaysia untuk menghadapi Brunei Darussalam, lalu menjamu Thailand pada 29 Desember. Terakhir, Indonesia akan melawan Filipina di markasnya pada 2 Januari 2023 mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner