News

Salut! Bank Dunia Puji Indonesia Sukses Atasi Krisis Ekonomi

apahabar.com, JAKARTA – Bank Dunia memuji pemerintahan Indonesia dalam mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Indonesia…

Featured-Image
Ilustrasi Bank Dunia. Foto:-Net

bakabar.com, JAKARTA - Bank Dunia memuji pemerintahan Indonesia dalam mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Indonesia dinilai berhasil melewati krisis ekonomi dibandingkan negara lain.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen menjelaskan, dalam dua tahun terakhir, seluruh dunia memiliki tantangan yang sama dalam melawan penyebaran virus corona.

Pandemi Covid-19 membuat seluruh dunia, termasuk Indonesia mengalami krisis ekonomi dan sosial.

Indonesia lewat langkahnya melonggarkan APBN, membuat Kahkonen turut mengapresiasi.

"Pemerintah Indonesia berhasil mengkoordinasikan sumber daya kesehatan, bantuan sosial, di seluruh negeri dalam menghadapi pandemi," jelas Kahkonen dinukil CNBC Indonesia, Senin (28/3).

"Perekonomian Indonesia telah melewati krisis lebih baik dibandingkan banyak ekonomi di dunia. Berkat manajemen makro ekonomi Indonesia yang baik," kata Kahkonen melanjutkan.

Saat ini, kata Kahkonen, fokus seluruh dunia adalah mendukung pemulihan ekonomi dan mengatasi perubahan iklim.

Pada saat yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, dampak pandemi Covid-19 sangat luar biasa mengubah aktivitas perekonomian secara fundamental.

Setelah dua setengah tahun pandemi, seluruh dunia termasuk Indonesia berusaha untuk pulih, bukan hanya dari sisi kesehatan, namun juga dari sisi ekonomi.

“Meskipun kami saat ini melihat gelombang baru sebagai variabel omicron di awal 2022, tetapi kami relatif mampu mengelola konsekuensinya,” jelas Sri Mulyani.

“Meski pandemi covid-19 semakin meningkat akibat omicron, pemulihan ekonomi dari beberapa negara sudah terus melaju. Indonesia dan antar negara sudah mencapai tingkat pra pandemi,” kata Sri Mulyani melanjutkan.



Komentar
Banner
Banner