Lebaran 2023

Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Anies: Kalau Ada di JIS, Ya di Sana

Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan menjalankan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Sabtu pagi (22/4).

Featured-Image
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan, Anies Baswedan (foto:apahabar.com/dianfinka)

bakabar.com, JAKARTA -  Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan menjalankan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Sabtu pagi (22/4).

Anies Baswedan datang didampingi ibundanya Aliyah Rasyid, dan sang istri Fery Farhati. Saat memasuki masjid, Anies terlihat menuntun sang ibu menggunakan kursi roda.

Seusai salat, Anies mengungkapkan alasannya melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta. Menurut gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu, ia dan keluarganya menjalankan salat Id di Istiqlal sebab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menggelar salat berjemaah di area Jakarta Internasional Stadium.

"Karena nggak ada di JIS. Kalau ada di JIS, ya di sana," kelakar Anies seusai ibadah salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (22/4).

Baca Juga: Mahfud MD Salat Idulfitri di Ponpes Nurul Jadid Paiton

Sejak JIS rampung dibangun dan resmi dioperasikan, Anies Baswedan selalu melaksanakan salat Id maupun Iduladha di lokasi tersebut. Diketahui Anies pertama kali melakukan salat Idulfitri di JIS pada 2 Mei 2022. Lalu pada 10 Juli 2022,  Anies menggelar salat Iduladha di lokasi yang sama.

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta tidak menyelenggarakan salat Idulfitri 1444 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS). Alasannya, banyak aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI yang menginginkan salat di Balai Kota.

Selanjutnya, salat Id digelar di di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Saya sih simpel-simpel aja sih di Balai Kota karena dari hasil ngobrol-ngobrol kebanyakan mintanya di Balai Kota, para karyawan ya saya di sini," kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/4).

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Heru Budi Salat Idulfitri 1444 H di Balai Kota

Heru mengaku telah menghimpun pendapat pegawai Pemprov DKI. Hasilnya, mereka memilih salat Idul Fitri di Balai Kota karena aksesnya mudah.

"Iya, mau salat Id di mana sih teman-teman? 'Di sini saja, Pak, kita gampang' ya sudah saya ikut," ucapnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner