Sport

Saksikan Piala AFF 2020, Presiden FIFA Sebut Tim ASEAN Potensi Mentas di Piala Dunia

apahabar.com, BANJARMASIN – Presiden FIFA, Gianni Infantino, rupanya menyaksikan Langsung Piala AFF 2020. Dalam kesempatan itu,…

Featured-Image
Menyaksikan Langsung Piala AFF 2020, Gianni Infantino menyebutkan tim kawasan ASEAN berpotensi mentas di Piala Dunia 2034 mendatang. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Presiden FIFA, Gianni Infantino, rupanya menyaksikan Langsung Piala AFF 2020.

Dalam kesempatan itu, Gianni Infantino menyebutkan tim kawasan ASEAN berpotensi mentas di Piala Dunia 2034 mendatang.

Selain itu, Asia Tenggara juga berpeluang memperebutkan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah ambisi besar.”

“Kawasan ini, tentu saja, memiliki kapasitas ekonomi (dan) sepak bola untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia,” ucap Infantino dikutip dari strait times.

Pria berkepala plontos itu bahkan menyinggung Indonesia yang sebentar lagi menjadi tuan ruan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun depan.

Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah Malaysia pada tahun 1997.

Ditunjuknya Indonesia membuktikan bahwa kawasan ASEAN dianggap layak menyelengarakan turnamen berkelas FIFA.

Menurut Infantino, itu adalah platform yang bagus untuk menunjukkan apa yang bisa dilakukan kawasan ini.

“Tanggung jawab FIFA adalah untuk mempersempit kesenjangan dengan meningkatkan kesempatan bagi negara-negara sepak bola kecil seperti di Asean untuk bekerja sama dengan yang lebih mapan.”

Di bawah kepemimpinan Infantino, FIFA telah meningkatkan jumlah tim yang akan berpartisipasi di Piala Dunia dari 32 menjadi 48, mulai dari edisi 2026.

Ia mengatakan mulai sekarang hingga 2034, negara-negara ASEAN harus lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan sepak bola.

Lebih jauh, presiden FIFA itu juga akan berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) tentang kemungkinan untuk mengakui Piala AFF sebagai turnamen resmi FIFA.



Komentar
Banner
Banner