Kalteng

Sabar, Vaksinasi Covid-19 di Kapuas Dilaksanakan Bulan Depan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah direncanakan pada Februari…

Featured-Image
Gudang farmasi tempat penyimpanan vaksin Covid-19 di Kabupaten Kapuas. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah direncanakan pada Februari 2021.

“Untuk Kapuas rencananya bulan Februari dengan prioritas para tenaga kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Tri Setya Utami di Kuala Kapuas, Rabu (13/1).

Pelaksanaan vaksinasi perdana Covid-19 tahap pertama di Kalteng yang direncanakan pada 14 Januari 2021 hanya untuk tenaga kesehatan di Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau saja.

Sedangkan untuk kabupaten lainnya, termasuk Kapuas, akan dimulai pada bulan Februari. Sementara tanggal pelaksanannya masih belum diketahui.

"Sebab harus berdasarkan arahan-arahan terkait teknis dari pusat dan juga mengikuti prosedur yang telah ditentukan dengan kisaran umur yang dapat divaksin sendiri, yaitu berusia 18-59 tahun," ujarnya.

Dokter Tri menjelaskan terdapat kriteria-kriteria yang tidak dapat divaksin, antara lain yang sedang hamil, menyusui, menderita penyakit kronis jantung dan menderita penyakit kronis ginjal.

“Termasuk juga yang menderita penyakit kelainan darah dan beberapa penyakit lainnya serta juga yang pernah terkonfirmasi Covid-19,” jelasnya.

Terkait adanya informasi yang menyebutkan bahwa sejumlah tokoh akan ikut vaksinasi, dr Tri membenarkan hal tersebut.

Namun menurutnya hal itu hanya untuk penyuntikan perdana atau kick off saja dalam program launching vaksinasi nantinya.

“Prioritas utama kita tetap para tenaga kesehatan yang akan di vaksinasi," pungkas dr Tri Setya Utami.



Komentar
Banner
Banner