Tips Traveling

Saat Barang di Bagasi Pesawat Hilang, Apa Ada Kompensasi?

Membawa barang saat menumpangi pesawat perlu perhatian khusus. Terlebih jika barang bawaan disimpan di bagasi, maka Anda perlu ekstra teliti dan waspada.

Featured-Image
Proses barang penumpang masuk ke dalam bagasi pesawat. Foto: Dok. Okezone.

bakabar.com, JAKARTA - Membawa barang saat menumpangi pesawat perlu perhatian khusus. Terlebih jika barang bawaan disimpan di bagasi, maka Anda perlu ekstra teliti dan waspada.

Sejumlah permasalahan bagasi seperti rusak, terlambat, atau hilang bisa saja menimpa. Yang perlu diketahui juga, adalah kewajiban maskapai kepada penumpang untuk memberikan kompensasi bila terdapat masalah pada bagasi.

Melansir Travel and Leisure, upaya pencegahan dapat ditempuh dengan cara memotret barang sekaligus label maskapai sebagai bukti konkret, agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat menunjukkan foto barang bawaan sebagai back-up.

Bila barang Anda tak terlacak, maka dapat mengajukan kompensasi. Cara ini tentu butuh berbagai prosedur yang harus dilengkapi.

Sebagai informasi, kebijakan terkait maskapai penerbangan wajib memberikan kompensasi kepada penumpang atas permasalahan bagasi -seperti rusak, terlambat, atau hilang- ternyata sudah diresmikan sejak tahun 2021.

"Maskapai penerbangan wajib memberikan kompensasi kepada penumpang jika tas mereka rusak, terlambat, atau hilang," tulis keterangan resmi Departemen Transportasi AS, sebagaimana dilansir CNN (6/2).

Mengacu pada kebijakan itu, maskapai penerbangan diwajibkan membayar kompensasi kepada penumpang dampak permasalahan bagasi yang harus dialami.

Dan sesuai ketetapan tersebut, kompensasi yang diberikan oleh maskapai kepada penumpang bisa bernilai maksimum US$3,800 (atau sekitar Rp56,9 juta*) untuk penerbangan domestik, serta US$1,780 (atau sekitar Rp26,6 juta*) untuk penerbangan internasional.

Jumlah dalam perhitungan itu merupakan kompensasi maksimal yang harus dibayarkan oleh maskapai kepada setiap penumpang. Atau meski tidak diwajibkan, menurut aturan tersebut, maskapai juga diperkenankan untuk memberikan kompensasi melebihi batas maksimal.

Namun, sebelum penumpang memperoleh kompensasi, pihak maskapai dipastikan akan meminta bukti konkret kepada penumpang yang ingin melakukan klaim penggantian dana. Bentuk buktinya macam-macam, dari kwitansi pembelian tiket sampai foto tas bawaan kamu di bagasi.

Ini kenapa penting untuk mengambil foto barang bawaan kamu yang di dalam bagasi beserta labelnya saat check in, karena hasil foto itu bisa saja memudahkan penelusuran jejak bagasi bermasalah.

Editor


Komentar
Banner
Banner