Layanan RSUD Tanah Bumbu

RSUD Tanah Bumbu Jadi Rumah Sakit Percontohan Layanan Pasien Kanker

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Andi Abdurrahman Noor di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan sebagai rumah sakit percontohan pelayanan penyakit kanker.

Featured-Image
Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr. H. Andi Abdurrahman Noor. (Foto: apahabar.com/Syahriadi)

bakabar.com, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Andi Abdurrahman Noor di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai rumah sakit percontohan pelayanan penyakit kanker dan stroke pada 2023.

Penunjukan yang dilakukan Kementerian Kesehatan tersebut berdasarkan dari kebutuhan masyarakat sekitar yang menilai selama ini rumah sakit rujukan terlalu jauh.

Kasubag Hukum Humas dan Organisasi RSUD Tanah Bumbu Dini Irma Irliani menerangkan menindaklanjuti penunjukan tersebut, managemen rumah sakit mengirimkan sumber daya manusia seperti dokter spesialis saraf, dokter umum, dan perawat untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan kanker dan stroke ke Jakarta.

"Rumah sakit ini juga bisa dikembangkan untuk melayani penyakit stroke dengan pelayanan sebanyak 6.330 orang selama 2022," katanya seperti melansir Antara, Selasa (21/3).

Baca Juga: PPDI Minta Warga Tanbu Kalsel Tak Panik Hadapi Flu Burung

Tak hanya itu, pengembangan sarana dan prasarana juga akan dilakukan di antaranya dengan membangun Gedung CT Scan yang representatif melalui dana BLUD pada 2023 sebesar Rp678.390.000 juta. Pengadaan alat CT Scan tipe 64 slices juga akan dianggarkan dari dana DAK 2023 dengan total anggaran sekitar Rp12.437.412.000 miliar.

"Selama ini pasien penyakit kanker dan stroke yang berobat ke RSUD Tanah Bumbu selalu kami rujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin. Kalau layanan ini pada 2024 dapat terealisasi maka calon pasien yang hendak berobat tidak perlu lagi di bawa ke Banjarmasin," ungkap Dini.

Sementara ini RSUD Tanah Bumbu membuka layanan kesehatan melalui poli spesialis penyakit dalam, poli anak, poli bedah, spesialis fisik dan rehabilitasi, kesehatan jiwa, kulit dan kelamin, anastesi, saraf, THT, radiologi, mata, patologi klinik, paru.

Baca Juga: Duh, Pemotor Terjun Bebas di Longsor Jalan Nasional 171 Tanbu

Semua poli tersebut dilayani oleh dokter spesialis pada bidangnya masing-masing, namun untuk poli ortopedi, jantung, onkologi, dan urologi, belum ada dokter spesialis yang menangani.

"Jumlah tenaga medis di RSUD Tanah Bumbu saat ini mencapai 296 orang dengan rincian perawat 162 orang, bidan 84 orang, dokter spesialis ada 24 orang, dokter umum 23 orang, dan dokter gigi ada tiga orang," tutur Dini.

Editor
Komentar
Banner
Banner