Kalteng

RSUD Kapuas Jemput Bola Datangkan Oksigen

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Mengantisipasi kekosongan oksigen, RSUD dr H Soemarno Sostroatmodjo Kapuas, Kalteng, melakukan upaya…

Featured-Image
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sostroatmodjo Kabupaten Kapuas. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Mengantisipasi kekosongan oksigen, RSUD dr H Soemarno Sostroatmodjo Kapuas, Kalteng, melakukan upaya jemput bola mendatangkan oksigen.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sostroatmodjo Kapuas, dr Agus Waluyo, mengatakan, ketersediaan oksigen di RSUD Kapuas saat ini cukup untuk beberapa hari ke depan.

“Kami mengambil inisiatif, apabila stok oksigen sudah menipis tinggal satu hari maka kami jemput bola langsung datang ke PT Samator Banjarbaru mengambil oksigen,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (27/7).

“Kemarin sore sudah datang oksigennya 30 tabung dan kami juga sudah menstanbaykan mobil pikap di sana (PT Samator) untuk membawa oksigen,” ujar Agus Waluyo.

Selain itu untuk mengantisipasi kekosongan oksigen, pihak RSUD Kapuas juga melakukan efesiensi untuk mencegah terjadinya kebocoran oksigen di masing-masing ruangan perawatan.

“Saya menginstruksikan kepala ruangan perawatan untuk selalu mengontrol panel atau kran yang ada ditabung oksigen, sehabis dipakai agar ditutup rapat sehingga tidak terjadi kebocoran,” ucap dr Agus.

Menurut Dirut RSUD Kapuas, saat ini banyak pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen, bahkan ada diantaranya yang membutuhkan oksigen bertegangan tinggi sampai 15 LBM.

“Kalau 15 LBM permenit berarti 1 jamnya membutuhkan 900 liter oksigen. Sedangkan satu tabung oksigen berukuran besar isinya 6 ribu liter dan habis sekitar 6 jam. Berarti kalau 24 jam bisa menghabiskan 4 tabung oksigen untuk satu pasien,” pungkas Agus Waluyo.



Komentar
Banner
Banner