Kalteng

RSDS Palangka Raya Sukses Ujicoba Pengambilan Plasma Konvalesen Penyintas Covid-19

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Untuk pertama kalinya, RSDS Palangka Raya melakukan ujicoba pengambilan plasma konvalesen dengan…

Featured-Image
RSDS Palangka Raya melakukan ujicoba pengambilan plasma konvalesen dengan metode apheresis atau metode pengambilan fraksi darah berupa plasma darah. Foto-Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Untuk pertama kalinya, RSDS Palangka Raya melakukan ujicoba pengambilan plasma konvalesen dengan metode apheresis atau metode pengambilan darah berupa plasma darah.

“Puji Tuhan kita telah berhasil menguji coba plasma darah penyintas Covid-19 sebagai alternatif terapi pasien,” kata Wadir RSDS Palangka Raya, dr Theodorus Sapta Atmadja, Senin (7/12).

Theo sapaan sehari-hari Plt RSJ Kalawa Atei Palangka Raya ini menjelaskan plasma konvalesen adalah bagian darah yang mengandung antibodi dari sejumlah orang yang sudah sembuh dari Covid-19.

Salah satu terapi alternatif, pemberian plasma darah dari penyintas /pasien sembuh dari Covid19 yang memenuhi kriteria pada saat skrining sebelum tindakan apheresis dan memiliki antibody terhadap Sars CoV2 virus penyebab Covid-19.

Namun, terapi alternatif pemberian plasma darah, akan dilakukan pada pasien kasus berat atau kritis Covid -19.

Komentar
Banner
Banner