Sport

Rilis Tim MotoGP 2021, Ducati Ganti Nama

apahabar.com, BOLOGNA – Penampilan Ducati di MotoGP 2021 benar-benar serba baru. Selain pembalap baru, juga nama…

Featured-Image
Jack Miller dan Francesco Bagnaia ketika diperkenalkan secara resmi sebagai pembalap Ducati Lenovo. Foto: Ducati

bakabar.com, BOLOGNA – Penampilan Ducati di MotoGP 2021 benar-benar serba baru. Selain pembalap baru, juga nama dan livery motor.

Ducati merilis tim secara daring melalui ducati.com dan saluran YouTube, Selasa (9/2) malam. Mereka sekaligus menjadi tim pabrikan pertama yang melakukan peluncuran.

Diawali peluncuran nama baru Ducati Lenovo yang menggantikan Mission Winnow Ducati. Perubahan nama itu sekaligus mengapresiasi Lenovo yang menjadi mitra utama Ducati sejak 2018, plus perpanjangan kontrak selama tiga tahun

Perubahan nama itu sekaligus mengubah livery motor Ducati Desmosedici. Tetap berwarna merah, terlihat logo Lenovo di kedua sisi fairing depan.

Motor itu segera digunakan dua pembalap baru Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Sebelumnya mereka merupakan dua pebalap satelit.

Kedua mantan pembalap Ducati Pramac itu menggantikan posisi Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci yang tidak mendapatkan perpanjangan kontrak.

“Kami memiliki awal yang kuat, setelah memenangi titel juara dunia konstruktor 2020 di tengah kompleksitas rintangan dan situasi yang belum pernah dialami,” cetus Stefano Domenicali, CEO Ducati Motor Holding seperti dikutip Antara.

“Sekarang menghadapi MotoGP 2021, kami memiliki banyak hal baru, terutama Miller dan Bagnaia. Kami berekspektasi terhadap mereka yang telah menimba pengalaman bersama Pramac Racing,” imbuhnya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, MotoGP 2021 telah mengonfirmasi 19 seri dalam kalender provisional.

Musim baru dimulai 5 Maret 2021 dengan sesi tes pebalap rookie dan test rider di Sirkuit Losail Qatar.

Dijadwalkan Miller dan Bagnaia mendapat kesempatan mengendarai motor baru antara 6 dan 7 Maret untuk tes pramusim. Kemudian tes selanjutnya sejak 10 hingga 12 Maret.

Selain menjadi tempat dua rangkaian tes, Sirkuit Losail juga menjadi tuan rumah dua seri pembuka yang berlangsung 28 Maret dan 4 April.

“Emosi yang saya rasa ketika melihat motor dan seragam merah tidak bisa dibayangkan. Saya masih tidak percaya dapat menjadi bagian tim utama,” sahut Miller.

“Perjalanan yang jauh agar bisa sampai di level ini, sehingga saya menantikan petualangan baru dan mencoba mendapatkan sejumlah hasil bagus,” tandasnya.

Merujuk rekam jejak kedua pembalap di MotoGP, Jack Miller tercatat baru sekali mencatatkan kemenangan.

Itu pun dilakukan bersama Honda di MotoGP Belanda 2016, ketika memperkuat Marc VDS Racing Team.

Adapun di musim 2020, pencapaian terbaik Jack Miller adalah finis kedua di GP Styria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring.

Sedangkan Francesco Bagnaia belum sekalipun memenangi seri di kelas tertinggi, sejak melakoni debut di MotoGP 2019.

Namun pebalap yang biasa disapa Pecco tersebut berhasil mencuri perhatian. Ketika finis kedua di MotoGP San Marino, Francesco Bagnaia mengasapi sang mentor Valentino Rossi.



Komentar
Banner
Banner