Tak Berkategori

Ribuan Pohon Ditanam BI di Lahan Eks Tambang

apahabar.com, LANDAK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat mengajak Generasi Baru Indonesia (GenBI) menanam 1.000…

Featured-Image
Lahan eks tambang. Foto – net

bakabar.com, LANDAK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat mengajak Generasi Baru Indonesia (GenBI) menanam 1.000 pohon di eks tambang emas di Desa Mandor, Kabupaten Landak.

“Kegiatan menanam pohon ini merupakan program sosial BI dedikasi untuk negeri, Indonesia bersih. Ini kegiatan tahunan BI dan kali ini kita memilih Landak sebagai lokasi pelaksanaan program,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Kalbar, Prijono di Landak, Sabtu, dikutip dalam ANTARA.

Prijono menjelaskan program yang dilakukan bertujuan untuk mengembalikan fungsi lahan sebagaimana mestinya, sebelum menjadi area tambang.

“Kegiatan ini untuk menjaga lingkungan hidup agar alam di sekitar masyarakat hijau dan memberikan dampak yang baik bagi mahluk hidup,” kata dia.

Ia menambahkan kegiatan yang diberi nama Gerakan Restorasi Lahan Tambang Kalimantan (Gregetan) diharapakan juga bisa memberi nilai tambah lebih bagi masyarakat terutama kesejahteraanya.

Pertama, dengan pohon yang ditanam selain pohon hutan juga ada pohon buah-buahan, sehingga dengan buah tersebut jika berhasil bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyakat.

Kedua, dengan area yang sebelumnya gersang dan jika tidak ada arang lintang tanaman tumbuh baik bisa menjadi satu pusat destinasi wisata baru untuk melengkapi obyek wisata yang ada.

“Area ini jika hijau bisa menjadi obyek wisata baru di Landak. Tinggal dikemas dan dirangkai dengan obyek wisata yang sudah ada seperti di desa ini ada peninggalan sejarah adanya negara republik pertama di dunia, Lanfang,” ujarnya.

Untuk penaman pohon, menurut dia, akan dilakakuan secara bertahap. Kemudian akan terus dirawat agar tanam tumbuh sebagaimana mestinya.

“Apa yang dilakukan BI ini juga diharapkan dapat didukung dan dimiliki masyarakat. Mari kita menjaga lingkungan ini untuk kehidupan kita lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Landak, Bidang Kemasyarakatan, Ocin mengatakan Pemerintah Kabupaten Landak menyambut baik Gregetan, karena dengan langkah tersebut dapat mengembalikan kondisi lahan sebagaimana mestinya.

“Pemerintah daerah sudah berupaya untuk memperbaikan lingkungan. Hal ini juga tentu membantu area eks tambang emas ini,” kata dia.

Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya sebatas serimonial saja, namun harus dipelihara serta ditingkatkan. Begitu juga masyarakat sekitar harus bersyukur dengan program tersebut dengan cara merawat dan menjaga apa yang sudah ditanam.

“Mari kita munculkan marwah positif, bersihkan diri, bersih lingkungan dan bertindak bersih sehingga area ini kembali normal,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Mandor, Robertus Harianto mengatakan kegiatan BI yang melibatkan GenBI cukup positif bagi daerahnya.

“Program ini sangat baik bagi lingkungan kami dan ke depan juga bagi ekonomi sekitar. Kita dari desa berterima kasih dan siap mendukung program BI,” kata dia.

Dalam kegiatan Gregetan tersebut puluhan anak GenBI dan masyarakat sekitar serta pemerintah daerah dan desa berpartisipasi menaman pohon yang disediakan BI. Pohon – pohon tersebut adalah sirsak, lengkeng, jengkol, sengon, trambesi serta beberapa jenis lainnya. Penanam saat ini dengan pola yang berbeda dan melakukan perlakuan khusus karena unsur hara sudah tipis.

Editor: Fariz



Komentar
Banner
Banner