Sport

Restui Naturalisasi Shayne Pattynama, Viking FK Tebar Pesona ke Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Merestui proses naturalisasi Shayne Pattynama, Viking FK sekaligus menebar pesona kepada warganet Indonesia….

Featured-Image
Viking FK ikut mendukung proses naturalisasi yang sedang dilakukan Shayne Pattynama. Foto: Viking FK

bakabar.com, JAKARTA – Merestui proses naturalisasi Shayne Pattynama, Viking FK sekaligus menebar pesona kepada warganet Indonesia.

Shayne Pattynama memang sudah bersedia untuk dinaturalisasi, sekaligus diberi kesempatan membela Timnas Indonesia.

Untuk membuktikan keinginan, bek berusia 23 tahun tersebut telah mengirim surat pernyataan bersedia dan dokumen pendukung lain.

Proses naturalisasi itu pun mendapat dukungan penuh dari Viking FK yang diperkuat Shayne Pattynama di Eliteserien atau Liga Utama Norwegia.

Dukungan disampaikan salah satu raksasa Liga Norwegia ini melalui akun Instagram official, Rabu (23/2) dini hari.

“Untuk semua rekan-rekan Indonesia yang saya cintai. Pria ini (Shayne Pattynama) siap berjuang untuk negara Anda,” tulis Viking FK dalam keterangan unggahan yang menampilkan foto Pattynama.

Bukan hanya itu, klub berjulukan The Dark Blues tersebut juga menebar pesona dengan meminta warganet Tanah Air mengikuti akun Instagram mereka.

“Juga akan sangat menyenangkan kalau Anda mengikuti klub kami," sambung akun yang telah memiliki lebih dari 27 ribu pengikut tersebut.

Tak pelak pancingan Viking FK langsung dipatuk ribuan wargnet Indonesia. Mereka mengapresiasi pernyatan Viking FK untuk membiarkan Shayne membela Timnas Indonesia.

Selain memicu beragam komentar, jumlah pengikut Instagram milik Viking FK juga meningkat dari sebeumnya 24,9 ribu akun.

Klub Sukses

Bernama resmi Viking Fotballklubb, Viking didirikan sejak 1899. Berbasis di Stavanger, home base klub ini berada di Viking Stadium yang berkapasitas 16.600 penonton.

Identik dengan jersey biru putih, Viking FK merupakan salah satu klub paling sukses di Liga Norwegia. Mereka menjuarai liga utama sebanyak 8 kali, meski gelar terakhir diperoleh di edisi 1991.

Fiking KFK juga mengoleksi 6 Piala Norwegia. Mereka terakhir kali menjadi juara di edisi 2019, setelah mengalahkan Haugesund dengan skor 0-1.

Sepanjang sejarah klub, Viking FK pernah sekali menembus kualifikasi putaran pertama Liga Champions 1992/1993. Namun mereka tersingkir akibat kalah 0-1 secara agregat dari Barcelona.

Sementara ketika Liga Champions masih berformat European Champion Clubs’ Cup, Viking pernah enam kali bermain di kualifikasi putaran pertama.

Pencapaian terbaik Viking FC di Benua Biru adalah menembus babak grup Piala UEFA (sekarang European League) 2005/2006.

Dilansir dari Transfermarkt, pemain dengan nilai pasat termahal Viking FK di musim 2021/2022 adalah Veton Berisha dengan Rp17,38 miliar.

Sebaliknya nilai pasar terendah ditempati Sebastian Sörlie Henriksen dengan 869,08 juta.

Sedangkan nilai pasar Shayne Pattynama menempati peringkat 20 dari total 28 pemain. Bek kiri ini memiliki nilai pasar Rp5,21 miliar.



Komentar
Banner
Banner