Kalsel

Respon Sultan Banjar Soal Niat Belanda Kembalikan Berlian 70 Karat ke Indonesia

apahabar.com, BANJARMASIN – Niat Belanda mengembalikan berlian 70 karat ke Indonesia mendapat respon dari Sultan Banjar,…

Featured-Image
Sultan Banjar, Pangeran Haji Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BANJARMASIN – Niat Belanda mengembalikan berlian 70 karat ke Indonesia mendapat respon dari Sultan Banjar, Pangeran Haji Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah.

Seperti diketahui, Belanda berjanji akan mengembalikan pusaka yang dijarah era kolonial ke negara asalnya, termasuk Indonesia.

Nah, salah satu barang yang kemungkinan dikembalikan adalah berlian 70 karat yang diketahui milik Sultan Banjarmasin.

“Kami ingin berlian itu segera dikembalikan,” ucap Pangeran Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah kepada bakabar.com, Senin (12/10) siang.

Kendati demikian, Pangeran Khairul Saleh ingin berlian itu dikembalikan ke Indonesia bukan ke pemerintah Indonesia, melainkan Kesultanan Banjar.

“Kami ingin berlian tersebut dikembalikan ke Indonesia bukan ke pemerintah Indonesia, namun ke tempat asal berlian yaitu Kesultanan Banjar,” tegas Wakil Ketua Komisi III DPR RI tersebut.

Bukan tanpa alasan, kata dia, karena berlian tersebut bukan milik pemerintah Indonesia, namun milik kerajaan Banjar.

“Semoga pemerintah bisa memahami asal berlian tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Belanda pernah mengembalikan pusaka yang pernah disimpan di museum merek ke Indonesia. Yakni berupa keris Pangeran Diponegoro dan keris Bugis.

Komentar
Banner
Banner