Politik

Resmi, Sandiaga Uno Dukung Cuncung-Alpiya di Pilbup Tanbu 2020

apahabar.com, BATULICIN – Tokoh nasional Sandiaga Uno resmi melabuhkan dukungannya untuk pasangan calon bupati dan wakil…

Featured-Image
Sandiaga Uno resmi melabuhkan dukungannya untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu, Syafruddin H Maming (Cuncung) dan Alpiya Rakhman. Foto: Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Tokoh nasional Sandiaga Uno resmi melabuhkan dukungannya untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu, Syafruddin H Maming (Cuncung) dan Alpiya Rakhman.

Namun ada sederet pesan yang disampaikan Sandi. Jika terpilih nanti, Sandi meminta Cuncung-Alpi untuk menggelorakan kewirausahaan, menciptakan banyak lapangan kerja, dan menumbuhkan ekonomi Bumi Bersujud.

"Selamat kepada Syafruddin dan Alpiya, mari gelorakan semangat kewirausahaan," ujar mantan Ketua Umum HIPMI itu, lewat sebuah video berdurasi 30 detik.

Tak salah rasanya jika Sandi memilih Cuncung. Pasalnya, ketua Yayasan H Maming ini juga memiliki latar belakang pengusaha.

Adik Cuncung adalah Mardani H Maming (MHM), bupati periode 2010-2018 yang sukses membangun Tanah Bumbu lewat sektor infrastruktur.

MHM bahkan kini terpilih sebagai ketua umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

MHM adalah CEO PT. Batulicin 69 Group, perusahaan holding yang membawahi 35 entitas anak bisnis mulai dari pertambangan mineral, penyewaaan alat berat hingga properti.

Lewat Yayasan H Maming, kakak beradik ini juga aktif melakukan beragam kegiatan sosial. Wabilkhusus, Sandi meminta Cuncung memperhatikan ekonomi masyarakat yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

"Mari kita menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu ekonomi masyarakat agar lebih baik lagi khususnya di saat pandemi seperti sekarang ini," ujar politikus Gerindra ini.

Dorongan Sandi melengkapi dukungan terhadap Cuncung yang diberikan oleh Gerindra. Sebagaimana diketahui Alpiya Rakhman adalah kader tulen Gerindra yang sebelumnya menjabat wakil ketua DPRD Tanah Bumbu.

"Yakinlah bersama rakyat kita menang," Sandi mengakhiri video testimoninya.

Cuncung-Alpiya kian mantap bertarung di Pilbup Tanah Bumbu. Di tahap pemungutan suara 9 Desember nanti, paslon nomor urut 1 ini bakal bersaing dengan dua paslon lain, yakni Zairullah-HM Rusli, dan Mila Karmila-Zainal Arifin.

Serupa Alpiya, Cuncung pernah mencicipi kursi empuk DPR RI di Komisi VII, sekaligus anggota DPRD Kalsel dua periode.

Sebelum Era Mardani H Maming, Tanah Bumbu Tak Mampu Raih WTP

Banyak yang bilang kontestasi Pilkada Tanbu 2020 kali ini akan didominasi oleh pertarungan antar-dua trah atau keluarga. SHM-MAR duet milenial ini anak dan cucu pambakal tuha atau sebutan bagi tokoh kepala desa yang dihormati. Sementara paslon independen Mila Karmila-Zainal Arifin dinilai kurang mendominasi dalam Pilkada 2020.

Dalam Pilkada kali ini, Cuncung bakal beradu kuat dengan Zairullah Azhar, mantan bupati Tanah Bumbu periode 2005-2010.

Urung mencalonkan diri di Kotabaru, Zairullah kembali ke Tanah Bumbu dengan menggandeng HM Rusli yang berlatar birokrat. Rusli kakak kandung daripada Andi Syamsudin Arsyad atau Haji Isam, pendiri Johnlin Group.

Karena berlatar kades, sebelum Sandi dukungan terhadap Cuncung juga mengalir dari sejumlah mantan pembakal di wilayah Kecamatan Karang Bintang.

"Mantan pembakal [kades] itu dulunya kan orang berpengaruh di desanya masing-masing, kalaupun mereka tak jadi pembakal lagi paling tidak mereka masih punya pendukung hingga 30 persen," ujar HM Alif, seorang mantan kades Segumbang di Kecamatan Kusan Hilir.

Rindu Mardani H Maming, Nenek 70 Tahun di Tanah Bumbu Ingin Cuncung Jadi Bupati



Komentar
Banner
Banner