Pemkab Tanah Laut

Resmi, Pengurus KONI Tala 2022-2026 Dilantik

Jajaran pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanah Laut (Tala) masa bakti 2022-2026 resmi dilantik.

Featured-Image
Pelantikan dan Pengukuhan KONI Tala masa bakti 2022-2026. Foto-Humas Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Jajaran pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanah Laut (Tala) masa bakti 2022-2026 resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua KONI Provinsi yang diwakili oleh Sekertaris Umum Enly Hadiyanor di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Rabu (12/04/2023).

Acara dihadiri Bupati Tanah Laut HM Sukamta, Ketua Komisi II H Junaidi, Forkopimda Tala dan para pengurus cabang olahraga (cabor) serta tamu undangan pengurus maupun ketua KONI beberapa Kabupaten lainnya.

Pengukuhan tersebut ditandai dengan serah terima bendera KONI dari Enly Hadiyanor kepada Ketua KONI Tala terpilih periode 2022-2026, Muhammad Fahrianor.

Bupati Tala, HM Sukamta mengucapkan selamat kepada pengurus KONI Tala yang baru saja dilantik dan berjanji siap mendukung kesiapan Kabupaten Tanah Laut sebagai tuan rumah di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan tahun 2025 nanti.

Ia bilang, kesiapan sebagai tuan rumah Porprov perlu dibicarakan mana saja tempat-tempat yang perlu di perbaiki dan dipersiapkan untuk kegiatan Porprov 2025.

"Kita siap membangun tempat olahraga infrastrukturnya sarana olahraga yang nanti sebagai tuan rumah Porprov tahun 2025," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah sudah menyiapkan APBD tahun 2024 bisa menganggarkan masih di atas 2 triliun.

Pembangunan infrastruktur tempat venue harus direncanakan dengan sebaik-baiknya penempatan yang tepat dan fokus.

Ia menambahkan, seperti pembangunan tempat untuk cabang olahraga renang perlu ada tambahan pembangunan loncat indah dan atletik.

Selain itu cabang panjat tebing sendiri tempatnya sudah memadai dan standar nasional.

Sukamta jelaskan, sedangkan sarana olahraga lapangan sepakbola di Tala sudah tersedia di beberapa tempat. Kini, tinggal dilakukan renovasi perbaikan sarana tambahan.

"Tidak perlu dibangun sebuah gedung, cukup renovasi fasilitas yang sudah ada, secara keseluruhan Tanah Laut tinggal memaksimalkan," ujarnya.

Sukamta berharap, masih ada waktu 2 tahun persiapan Porprov. Semua cabor bisa mempersiapkan diri jadi yang terbaik, mempersiapkan atlet dari Tanah Laut itu sendiri.

Dikesempatan yang sama Ketua KONI Tala Muhammad Fahrianor meminta semua cabor mempersiapkan semua atlet dalam menghadapi Porprov Kalsel tahun 2025.

Fahrianor menambahkan, bonus atlet sendiri di Tala ternilai sangat tinggi. Bonus emas Rp 50 juta, perak Rp 25 juta dan perunggu Rp 12,5 juta.

Terkait anggaran persiapan Porprov 2025 nanti kata M Fahrianor, pihaknya menyerahkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tala.

Tahun 2024 disiapkan sekitar Rp 100 Miliar untuk venue. Selanjutnya tahun 2025 KONI Tala melalui menganggarkan sekitar Rp 100 miliar.

"Jadi total sekitar Rp 200 Miliar untuk venue. Sementara anggaran pembinaan olahraganya tahun 2024-2025 , masing masing-masing tahun sekitar 10 miliar dibagi ke 42 cabang olahraga," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner