Tak Berkategori

Renovasi Tugu Munggu Raya HSS Dimulai, Terselip Sejarah Pengakuan PBB Atas Divisi ALRI

apahabar.com, KANDANGAN – Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Hulu Sungai Selatan (HSS) merealisasikan renovasi pembangunan Tugu…

Featured-Image
Bupati HSS Achmad Fikry dan Wabup HSS Syamsuri Arsyad meresmikan renovasi pembangunan Tugu Munggu Raya, Senin (17/5). Foto-apahabar.com/Nuha

bakabar.com, KANDANGAN – Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Hulu Sungai Selatan (HSS) merealisasikan renovasi pembangunan Tugu Munggu Raya, Senin (17/5/2021).

Renovasi dimulai hari ini sebagai bukti semangat juang yang bisa diwarisi bersama terutama bagi generasi muda bangsa.

‎Ketua DHC 45 HSS, Syamsuri Arsyad menyampaikan, pembangunan Tugu Munggu Raya di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya dilakukan sebagai janji pada saat pelantikan Ketua DHC.

Apalagi, di Bumi Antaludin sebutan HSS terdapat banyak sejarah pejuang yang bisa menggugah semangat. Di antaranya, Amuk Hantarukung, Tumenggung Antaludin yang tidak dimiliki daerah lain.

“Pembangunan ini sebagai semangat juang yang bisa diwarisi bersama, khususnya generasi muda melek sejarah,” ujarnya.
‎
‎Kak Choe sapaan akrab Syamsuri Arsyad menuturkan, Tugu Munggu Raya merupakan tempat bersejarah.

Pasalnya, perwakilan Internasional dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) membentuk komisi tiga negara hadir di sana.

Tugu Munggu Raya sebagai tempat menandatangani naskah dari delegasi PBB dan negara perwakilan‎ untuk mengakui Proklamasi Tentara Divisi ALRI Pertahanan Kalimantan pada 17 Mei 1949.

“Mari kita warisi nilai-nilai sejarah kejuangan Tentara Divisi ALRI Pertahanan Kalimantan,” lanjutnya.

Renovasi pembangunan Tugu Munggu Raya tersebut ditandai dengan pembukaan tirai rencana pembangunan oleh Bupati HSS, Achmad Fikry di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) HSS setelah upacara peringatan 17 Mei.

Achmad Fikry menambahkan, ke depan, pembangunan Tugu Munggu Raya yang merupakan bagian sejarah masyarakat Bumi Antaludin diharapkan bisa menjadi tempat wisata sejarah di HSS.

“Kami ucapkan terima kasih kepada DHC 45 HSS yang telah mendukung renovasi Tugu Munggu Raya,” tandasnya.

Komentar
Banner
Banner