SOCIETY

Rendi Ingatkan Pemuda Kukar Bersiap Songsong IKN

Wabup Kukar, Rendi Solihin hadir dalam perayaan milad Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tenggarong. Ia meminta pemuda bersiap menyambut perpindahan IKN.

Featured-Image
Wabup Kukar, Rendi Solihin saat menghadiri Milad Ke-30 MAN 2 Tenggarong. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Perayaan Milad ke-30 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tenggarong terasa spesial karena dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, Kamis (9/11).

Dalam kesempatan ini, Rendi Solihin menyampaikan pesan ke anak muda di Kukar termasuk pelajar untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini penting karena pada saatnya IKN akan berpindah. Akan ada jutaan orang bermigrasi ke IKN, termasuk juga ke wilayah Kutai Kartanegara. Untuk itu, pemuda Kukar harus menyiapkan diri menghadapi persaingan dalam segala aspek kehidupan yang bakal ketat.

Baca Juga: Rendi Solihin Sambut Positif Event Festival Kesenian Gandrung-Banyuwangi

Oleh karena itu, Rendi menuntut kaula muda Kukar untuk lebih giat dalam belajar dan mempersiapkan diri agar dapat bersaing ditengah pusaran perkembangan IKN.

“Sebagai tuan rumah, kita jangan sampai kalah bersaing dengn SDM dari berbagai daerah di Indonesia,” pesan Rendi Solihin.

“Persaingan sudah mulai terjadi dalam segi SDM dengan para pendatang mulai berkompetisi dengan putra-putri asli daerah. Sebagai tuan rumah, jangan sampai menjadi penonton di daerah sendiri,” ungkapnya.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Rendi menambahkan bahwa selama ini Kukar dikenal sebagai daerah kaya di Indonesia. Tapi kekayaan itu diperoleh dari tiga sumber yakni minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Ia tak ingin Kukar hanya bertumpu dari tiga sumber tersebut, tapi juga mengali potensi lainnya. Untuk itu, perlu adanya peningkatan sumber daya manusia, sumber daya pertanian dalam arti luas, potensi pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Wabup Rendi Deklarasikan Samboja Kuala Jadi Wilayah Bebas Stunting di Kukar

Rendi menyebutkan Kukar mengalami peningkatkan di sektor pertanian dalam arti luas dan telah menjadi lumbung pangan di Kaltim. Sektor ini juga berhasil menopang 20 persen APBD Kukar.

“Diperlukan inovasi baru dalam meningkatkan pendapatan daerah, begitu pula dengan peningkatan SDM di setiap lembaga dan sekolah. Dalam hal ini MAN 2 Kukar sudah banyak berinovasi dalam prestasi yang diraih dan itu harus terus ditingkatkan lebih lagi,” pintanya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner