Rekomendasi Negara Terbersih

Rekomendasi Negara Paling Bersih di Dunia, Tertarik Tinggal di Sana?

Bermukim di sebuah lingkungan yang bersih tertata adalah impian banyak orang. Sebab hal itu dapat menjadi indikator utama yang memengaruhi kesehatan.

Featured-Image
Luxemberg menjadi salah satu negara terbersih di dunia. Foto: Dok. Daniela.

bakabar.com, JAKARTA - Bermukim di sebuah lingkungan yang bersih tertata adalah impian banyak orang. Sebab hal itu dapat menjadi indikator utama yang memengaruhi kesehatan hingga harapan hidup masyarakat.

Tak mengherankan bila sejumlah negara berupaya memaksimalkan indikator kebersihan, mulai dari air bersih, kemurnian udara, penanganan limbah, hingga sanitasi, yang kesemuanya bisa meningkatkan kesehatan.

Predikat negara paling bersih di dunia pun disandang oleh negara mayoritas dari Eropa. Hal ini merujuk pada hasil riset tiga lembaga dalam mengukur tingkat kebersihan negara-negara di dunia.

World Economic Forum (WEF) bersama Yale University dan Columbia University merilis Indeks Kinerja Lingkungan (Environmental Performance Index/EPI) 2022 yang berisi peringkat negara terbersih di dunia.

Peringkat ini didasari oleh penilaian atas 32 indikator kinerja dan 11 kategori terhadap 180 negara di dunia pada 2020. Mulai dari kualitas udara, air, dan sanitasi, keanekaragaman hayati dan habitat, dan lainnya.

Penilaian ini tidak hanya untuk menentukan negara paling bersih maupun paling kotor di dunia, namun juga menunjukkan keberhasilan kebijakan pemerintah setempat terhadap pembangunan di sektor kesehatan dan lingkungan negaranya masing-masing.

Misalnya, kualitas udara yang bersih di suatu negara bisa memengaruhi tingkat kesehatan masyarakat. Sebab, mereka terhindari dari partikel virus dan bakteri yang berbahaya.

Namun sayangnya, Indonesia tidak menjadi negara yang masuk dalam kategori. Bahkan Indonesia justru berada di peringkat ke-117 dengan skor 37,8. Posisi Indonesia sama dengan Honduras.

Berikut 3 negara yang memiliki predikat sebagai yang terbersih di dunia:

Denmark

Denmark menduduki peringkat pertama sebagai negara paling bersih di dunia menurut Indeks Kinerja Lingkungan. Negara dengan ibu kota Kopenhagen itu mengantongi skor 82,5.

Denmark jadi salah satu negara paling bersih di dunia. Foto: Dok. CNBC.
Denmark jadi salah satu negara paling bersih di dunia. Foto: Dok. CNBC.

Denmark unggul berkat indikator pengolahan limbah dan air limbah serta perlindungan terhadap spesies. Selain itu, kebijakan pemerintah Denmark juga dinilai komprehensif dan efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

Beberapa proyek yang terwujud di Denmark adalah hotel ramah lingkungan, perahu tenaga surya atau sinar matahari, hingga makanan organik.

Luksemburg

Keindahan Negara Luxemberg. Foto: Dok. Visit Luxemberg.
Keindahan Negara Luxemberg. Foto: Dok. Visit Luxemberg.

Luksemburg memegang skor 82,3 sebagai negara paling bersih kedua di dunia. Negara ini unggul di indikator sanitasi, air minum, dan emisi polusi.

Selain itu, Luksemburg juga memiliki kawasan pedesaan, hutan, dan taman yang luas.

Swiss

Swiss menjadi negara terbersih di dunia. Foto: Dok. Travel.
Swiss menjadi negara terbersih di dunia. Foto: Dok. Travel.

Swiss unggul di indikator air minum, sanitasi, dan perlindungan terhadap spesies, sehingga mengantongi skor 81,5 dan menjadi negara paling bersih ketiga di dunia.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena Swiss memang memiliki alam yang terpelihara, sehingga kaya akan air bersih dan satwa.

Itulah 3 negara unggulan yang dengan indikator paling bersih di dunia. Apakah Anda tertarik mengunjungi bahkan bermukin di salah satu negara tersebut? 

Editor


Komentar
Banner
Banner