Nasional

Rehabilitasi Parkir Pasar Birayang HST, Puluhan Pedagang Dipindahkan

Puluhan pedagang di Pasar Birayang, Kecamatan Batang Alai Selatan, Hulu Sungai Tengah (HST), mulai beralih tempat lantaran pekerjaan rehabilitasi parkir

Featured-Image
Proses pembangunan area parkir Pasar Birayang dalam kegiatan pemberdayaan kelurahan/desa oleh Pemkab HST melalui Kecamatan BAS. Jumat (22/9). Foto: apahabar.com/Luthfia

bakabar.com, BARABAI - Puluhan pedagang di Pasar Birayang, Kecamatan Batang Alai Selatan, Hulu Sungai Tengah (HST), mulai beralih tempat lantaran pekerjaan rehabilitasi parkir, Jumat (22/9).

Sebelumnya pedagang tersebut berjualan di sepanjang sisi jalan raya pasar. Kemudian mereka diminta berjualan dalam bangunan pasar oleh UPTD Pasar Birayang.

"Kami diminta buhan (orang-orang) UPTD Pasar untuk pindah ke dalam. Katanya supaya area pasar lebih bersih dan nyaman dipandang," papar seorang pedagang bernama Laila Hayati.

Kebetulan di luar hari pasaran, area dalam tidak diisi pedagang lain, "Kalau ulun (saya) merasa kada (tidak) masalah. Justru lebih aman di dalam karena tidak kehujanan atau kepanasan. Juga kada menggangu orang di jalan raya," ungkapnya.

Sementara Kepala UPTD Pasar Birayang, Nurlina, melalui Administrasi Umum Pengelola Pasar, Lily Eriyati, memastikan relokasi pedagang di pinggir jalan tidak menemui kendala berarti.

"Alhamdulillah tidak seorang pun pedagang yang rewel, ketika diminta pindah tempat. Lagipula jarak antara tempat lama dan baru juga tidak jauh," jelas Lily.

Dalam kesempatan terpisah, Camat Batang Alai Selatan, Kartadipura, menjelaskan rehabilitasi parkir di Pasar Birayang merupakan program Pemkab HST.

"Rehabilitasi tersebut merupakan program Pemkab HST melalui Kecamatan Batang Alai Selatan untuk kegiatan pemberdayaan kelurahan/desa," jelasnya.

"Pembangunan area parkir tersebut menelan biaya sebesar Rp90.111.898 dan akan berjalan selama kurang lebih 45 hari kerja," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner