Kalteng

Reagen Habis, Uji Spesimen Covid-19 RSDS Palangka Raya Terhenti

apahabar.com, PALANGKARAYA – Untuk sementara waktu, pemeriksaan sampel swab pasien Corona Virus Disease atau Covid-19 di…

Featured-Image
Ilustrasi rapid test corona. Foto-Antara

bakabar.com, PALANGKARAYA – Untuk sementara waktu, pemeriksaan sampel swab pasien Corona Virus Disease atau Covid-19 di Laboratorium Mikrobiologi Rumah Sakit Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya, Kalimantan Tengah dihentikan.

Hal itu lantaran reagen, salah satu komponen utama Polymerase Chain Reaction (PCR) habis. Padahal, uji coba alat pemeriksaan real time PCR dilakukan Senin (4/5).

“Saat ini kami tidak bisa melakukan pemeriksaan karena kehabisan kita reagen. Tapi sudah diorder di Jakarta, cuma belum datang,” kata Humas RSDS Palangka Raya dr Riza Syahputra, Sabtu (9/5).

Adanya alat pemeriksa sample virus itu tentunya dapat lebih cepat memberikan kepastian hasil pemeriksaan swab sehingga pasien lebih cepat masa perawatannya.

Sebagai informasi, jumlah pasien yang dirawat di RSDS semakin membeludak.

Sayang hasil pemeriksaan swab yang awalnya dikirim ke Jakarta, kemudian dialirkan ke Surabaya, Jawa Timur dan terakhir Banjarbaru, Kalimantan Selatan, harus menunggu waktu berhari-hari.

“Jadi sebelum kehabisan reagen kita hanya sempat memeriksa 76 sampel selama dua hari setelah uji coba alat,”ujarnya.

Riza berharap reagen yang dipesan segera diterima RSDS Palangka Raya, sehingga bisa kembali memeriksa sampel pasien terpapar Corona di Bumi Tambun Bungai.

Reporter: Ahc23
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner