Haji 2023

Ratusan Calon Jamaah Haji Lansia Kalsel Bakal Dapat Pelayanan Khusus

191 jamaah haji lanjut usia (Lansia) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal mendapatkan pelayanan khusus.

Featured-Image
191 jemaah haji lanjut usia (Lansia) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal mendapatkan pelayanan khusus. Foto-Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - 191 jamaah haji lanjut usia (lansia) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal mendapatkan pelayanan khusus.

Jumlah jamaah haji Kalsel 3.583, termasuk 191 lanjut usia, 11 pembimbing KBIHU dan 33 petugas haji daerah.

"191 sudah data dari Kalsel yang insya Allah kita layani secara maksimal dan terukur," ujar Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin.

Namun, ia menjelaskan bahwa calon jamaah haji lansia harus memenuhi karakteria sehat jasmani dan rohani saat tahapan pemeriksaan kesehatan.

Selain itu, jamaah haji lansia juga mampu secara biaya dan keluarga yang ditinggalnya.

"Biar usia jemaah haji 80 tahun tapi sehat, ya kita berangkatkan,' ucapnya.

Tak hanya itu, ia menerangkan bahwa Embarkasi Banjarmasin telah siap untuk operasional penyelenggaraan Pemberangkatan Ibadah Haji tahun 2023.

Secara umum, lanjut dia, bahwa persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 M telah dilakukan sesuai dengan rencana dan jadwal yang telah ditentukan.

Hal tersebut menanggapi terkait pelaksanaan rapat persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 M/1444 H yang dilaksanakan di UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Sebelumnya, Kanwil Kemenag Kalsel melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) telah beberapa kali melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, di antaranya dengan PT Gapura Angkasa Cabang Banjarmasin, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, PT Angkasa Pura I (Persero) dan Kantor Pengawasan serta Pelayanan Bea dan Cukai Banjarmasin.

"Kanwil Kemenag Kalsel sudah melakukan persiapan–persiapan untuk penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444 H/ 2023 M dari kesiapan dokumen, UPT Asrama Haji dan Rekrutmen Calon Petugas Haji yang tanggal 31 Januari 2023 CAT dan wawancara untuk tahap kedua," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner