Nasional

Ramai Peziarah, Temuan Sumber Air di Masjid Al-Istiqlal Tapin Dipertahankan

Temuan sumber air di bawah Masjid Al-Istiqlal Tapin sepakat dipertahankan. Kini ramai dikunjungi peziarah.

Featured-Image
Temuan sumber air di Masjid Al-Istiqlal Desa Pandulangan, Kecamatan Tapin Tengah. Foto - apahabar.com/Sandy.

bakabar.com, RANTAU - Temuan sumber air di bawah Masjid Al-Istiqlal Tapin sepakat dipertahankan. Kini ramai dikunjungi peziarah.

Sejak hampir dua pekan, sumber air di bawah Masjid Al Istiqlal itu ditemukan, puluhan peziarah dari dalam dan luar Tapin berdatangan.

Masjid Al-Istiqlal berada di Desa Pandulangan, Kecamatan Tapin Tengah itu tadinya mau direhab.

Namun saat penggalian pondasi sekitar satu meter, air terus keluar. Meski para pekerja terus menimbanya, namun air tetap keluar.

Pengurus Masjid Al-Istiqlal, H Nurdin mengatakan untuk rehab pembangunan masjid terus dilanjutkan. Sementara temuan sumber air juga tetap dipertahankan.

"Jadi kesepakan bersama, untuk sumber air tetap dirawat. Sedangkan posisi pondasi tiang digeser agak ke tengah sedikit," jelasnya.

Terlihat, di bagian dinding luar masjid juga telah dipasang pemberitahuan untuk pengunjung. Khususnya perempuan tidak diperkenankan masuk, jika sedang haid.

"Dilarang masuk bagi kaum perempuan yang datang bulan. Dan harus berpakaian tertutup aurat," bunyi tulisan tersebut.

Pengumuman lainnya juga tertera bagi pengunjung yang minta air, agar bertawasul ke Datu Pudak atau H Ali Hanafiah bin Ali bin Hanafiah. Makamnya juga di sana.

Dengan membaca surah Al-Fatihah dan meniatkan yang baik saat meminum air atau menggunakannya sebagai syariat pengobatan.

Pengurus Masjid Al-Istiqlal juga memberikan tata cara sebelum mengambil air dalam masjid ini.

"Peziarah bertawasul surah Alfatihah kepada Datu Pudak. Berniat masjid dan air tersebut, mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan hajat ulun (sebut niatnya)," demikian tata caranya.

Nurdin mengatakan bahwa munculnya sumber air yang ditemukan merupakan berkah, erat dikaitkan dengan Datu Pudak yang makamnya di dalam masjid. 

Diketahui, masjid yang berada di pertigaan Desa Pandulangan ini tengah dalam proses rehab besar, sehingga perlu pendanaan yang banyak.

"Jadi warga yang minta air juga sukarela datang menyumbang, tentunya 100 persen untuk Masjid ini," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Tapin Dihebohkan Penemuan Sumber Air di Bawah Masjid Al-Istiqlal Pandulangan

Editor
Komentar
Banner
Banner