Rakernas Apkasi 2023

Rakernas Apkasi: Mendagri Minta Pemda Siap Hadapi Pemilu 2024

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk terjun langsung membantu kekurangan yang ada di da

Featured-Image
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, saat menghadiri Rakernas Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Tangerang, Kamis (20/7). Foto: apahabar.com/Rizky Dewantara

bakabar.com, TANGERANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk terjun langsung membantu kekurangan yang ada di daerahnya masing-masing.

Permintaan yang disampaikan Tito tersebut perlu dilakukan guna untuk mensukseskan pesta demokrasi pada 2024 mendatang.

Tito menerangkan peran pemerintah khusus pemilu mengunakan anggaran non APBN. Namun, pihaknya mendapatkan laporan dari KPU dan Bawaslu di daerah tengah mengalami kesulitan sarana dan prasarana dalam mendistribusikan logistik.

"Ada yang tidak punya kantor, gudang untuk penyimpanan logistik. Nah ini diharapkan kepada pemerintah daerah yang memiliki aset untuk membantu permasalahan tersebut," ujar Tito di acara Rakernas Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Tangerang, Kamis (20/7).

Baca Juga: Rakernas Apkasi: Airlangga Minta Seluruh Bupati Siaga Hadapi El-Nino

Peran pemerintah daerah benar-benar dibutuhkan dalam mensukseskan Pilkada dan Pemilu 2024. karena itu, kata Tito, proses distribusi logistik ke daerah-daerah sulit perlu dibantu seperti daerah hutan, gunung dan pulau-pulau terpencil.

"Aset yang dimiliki pemda dapat membantu masalah tersebut dengan memberikan asetnya, seperti kapal dan lain-lain agar distribusi lancar dan tepat waktunya," ungkap Tito.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Buka Rakernas Apkasi dan Pameran AEO di Tangerang

Lebih lanjut, agar bisa mencapai aman dan lancar Pemilu dan Pilkada 2024, pihaknya ingin melibatkan rakyat yang lebih luas. Sebagai negara terbesar nomer empat di dunia, semua stakeholder harus kerjasama untuk memerankan perannya masing-masing.

"Pemilu itu merupakan satu-satunya momentum dimana rakyak itu terlibat penuh untuk menentukan pemimpin dalam tingkat pusat maupun daerah," tuntas Tito.

Editor


Komentar
Banner
Banner