Sport

Quartararo Juara Dunia, Saatnya Bastianini-Martin Rebutan Rookie Terbaik MotoGP

apahabar.com, ALGARVE – Gelar juara dunia MotoGP 2021 sudah diraih Fabio Quartararo. Namun masih tersisa predikat…

Featured-Image
Jorge Martin dan Enea Bastianini akan bersaing dalam dua seri terakhir untuk memperebutkan rookie of the year MotoGP 2021. Foto: MotorSport

bakabar.com, ALGARVE – Gelar juara dunia MotoGP 2021 sudah diraih Fabio Quartararo. Namun masih tersisa predikat individual berupa rookie terbaik yang akan diperebutkan Enea Bastianini dan Jorge Martin.

Fabio Quartararo mengunci gelar juara dunia, sekalipun masih tersisa dua seri lagi. Finis keempat di MotoGP Emilia Romagna, Minggu (3/11), pebalap Monster Energy Yamaha ini mengoleksi 267 poin.

Dengan demikian, gelar individual yang tersisa di MotoGP 2021 adalah rookie alias pendatang baru terbaik.

Selepas MotoGP Emilia Romagna, Enea Bastianini dan Jorge Martin masih bersaing ketat. Dua pebalap debutan yang sama-sama menggeber Ducati ini hanya terpaut 5 poin.

Jorge Martin yang gagal finis dalam balapan di Sirkuit Misano itu, menghuni peringkat kedua. Sebaliknya Enea Bastianini berhasil naik podium ketiga.

Enea Bastianini sendiri tampil impresif sejak paruh kedua MotoGP 2021 dimulai. Pemuda Italia ini merebut dua podium ketiga, serta empat kali finis enam besar beruntun sejak Aragon sampai Emilia Romagna.

Martin sebetulnya tidak kalah sensasional. Rider Ducati Pramac ini mampu merebut satu kemenangan dan dua podium.

Namun kecelakaan di MotoGP Portugal menghambat laju Martin. Mengalami retak di delapan bagian tulang dan absen dalam empat seri, mulai menyulitkan Martin.

Tetapi kemenangan di MotoGP Styria dan finis ketiga sepekan kemudian di MotoGP Austria, bisa menjadi senjata Jorge Martin untuk melawan Bastianini.

Sebagai gambaran kekuatan Martin adalah hanya empat rookie of the year yang mampu memenangi balapan di era MotoGP dalam musim debut.

Dilansir dari MotorSport, rookie of the year yang mampu memenangi balapan di era MotoGP dalam musim debut adalah Brad Binder, Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Dari 19 pemenang rookie of the year sampai 2020, sepuluh pebalap di antaranya mampu finis podium. Baik Martin maupun Bastianini sudah berhasil memenuhi syarat ini.

Andai memenangi rookie of the year, Martin atau Bastianini akan sejajar dengan Binder, Fabio Quartararo, Johann Zarco, Marc Marquez, Ben Spies, Lorenzo, Pedrosa, Ruben Xaus, Nicky Hayden,dan Daijiro Kato.

Bastianini yang mengoleksi 87 poin, juga berkesempatan mengalahkan rekor poin terbanyak rookie of the year 2014 milik Pol Espargaro dengan 136 poin.

Kalau bisa memenuhi target tersebut, Bastianini menjadi rookie terbaik ketujuh di era MotoGP. Pencapaian ini akan menjadi istimewa, mengingat rider Avintia Racing ini hanya menunggangi Ducati versi 2019.

Di sisi lain, Jorge Martin dibekali motor Ducati Desmosedici GP21. Ini merupakan motor spek terbaru seperti yang didapat Francesco Bagnaia dan Jack Miller sebagai pebalap di tim utama.



Komentar
Banner
Banner