Tak Berkategori

Qari Sekumpul Ini Wafat, Sebelumnya Sempat Berbicara “Ganjil”

apahabar.com, BANJARMASIN – Guru H Abdul Khaliq bin Muhammad Arifin  atau kerap dikenal dengan Guru Khaliq…

Featured-Image
Guru H. Abdul Khaliq. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Guru H Abdul Khaliq bin Muhammad Arifin atau kerap dikenal dengan Guru Khaliq diberitakan meninggal dunia, Sabtu (2/2) malam. Pengajar pondok Pesantren Darussalam Martapura itu dikabarkan sempat berbicara "Ganjil" sebelum kewafatannya.

Guru Khaliq diketahui, selain menjadi pengajar di Pondok Pesantren Darussalam juga menjadi qari di Majelis Ar Raudhah Sekumpul. Suara indah beliau kerap terdengar sebelum digelarnya Majelis Maulid Ar Raudhah.

Baca Juga:Bertamu ke Sekumpul, Gusdur Keluhkan Ini pada Abah Guru Sekumpul

Baik ketika dipimpin KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, maupun setelah ulama karismatik itu wafat.

Menurut warga Muhammad Iman, sebelum meninggal dunia, Guru Khaliq memang sudah dikabarkan sakit-sakitan. Bahkan sesekali harus offname di Rumah Sakit. Karena itu, beliau kerap absen menjadi qari di majelis maulid di Mushalla Ar Raudhah.

“Penyakit beliau komplikasi, sehingga harus dicuci-darah (CAPD: Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) seminggu 3 kali,” ujarnya.

Sabtu (2/2) sore, Guru Khaliq dirujuk ke rumah sakit ratu Zaleha dengan keluhan sesak nafas. Dan seperti diumumkan di papan pengumuman Serikat Kematian Pasayangan Martapura, Guru Khaliq wafat pada Sabtu (2/2) malam itu, sekitar jam 19.30 Wita.

img

Pemberitahuan meninggalnya Guru Khaliq dari SKPB. Foto-ig.@berkatgurukita

Kabar itu terdengar hingga ke kediaman keluarga Abah Guru Sekumpul, sontak kedua anak ulama besar itu (H Muhammad Amin Badali dan H Ahmad Hafi Badali) langsung datang menjenguk ke kediaman Guru Khaliq di Sabtu malam.

Rencananya, sambung Iman -akrab disapa- jenazah beliau akan dishalatkan di mushalla Datu Panjang Pasayangan Martapura, dan dimakamkan di Alkah Pasayangan tepat pada azan ashar di Minggu (3/2), sore hari ini.

Saat ini, jenazah masih berada di kediaman keluarga di Jl Berlian Pasayangan Martapura.

Sebelum meninggal dunia, Guru Khaliq sebagaimana dikabarkan Instagram Berkat Rasulullah, dari sumber Abu Hany, Guru Khaliq berkata, "Guru handak maambili (Guru mau menjemput, red)."

img

Foto-ig.@berkatrasulullah

Postingan itu pun disambut banyak doa dari netizen. Di antaranya, akun ig nr.hikmaah yang berkomentar: khusnul khotimah. Amin.

Akun lain yang juga mendoakan adalah ig sitinaimah11222: di dunia berkumpul dengan orang-orang shaleh sidin (beliau), maka di akhirat pun demikian. Mudahan kita tekumpulan (terkumpul) jua (jua) lawan (dengan) Abah guru Sekumpul kena (nanti).

Baca Juga:Habib Tuna Netra Asal Yaman, Ungkap Keistimewaan Haul Abah Guru Sekumpul

Baca Juga:Begini Ceritanya Guru Khaliq Menjadi Qari di Sekumpul

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner