Kalteng

Puskemas Melati Kapuas Simulasikan Vaksinasi Covid-19

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Puskesmas Melati Kuala Kapuas, Kalteng, melaksanakan simulasi penyuntikan vaksin Covid-19, Senin (25/1)….

Featured-Image
Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga mengikuti simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Melati. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Puskesmas Melati Kuala Kapuas, Kalteng, melaksanakan simulasi penyuntikan vaksin Covid-19, Senin (25/1).

Kegiatan simulasi penyuntikan vaksin yang berlangsung di halaman Puskesmas Melati dihadiri Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kapuas, dr Tri Setya Utami mengatakan simulasi vaksin dilakukan untuk memastikan kesiapan fasilitas layanan kesehatan dalam memberikan vaksin Covid-19.

“Simulasi vaksin harus dilakukan oleh seluruh fasilitas layanan kesehatan pemberi layanan vaksinasi Covid-19, sehingga pada saat situasi riil bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Adapun pun beberapa tahapan dalam simulasi seperti mencuci tangan dengan sabun, pengukuran suhu tubuh, pendaftaran/verifikasi data, wawancara dan pemeriksaan fisik serta vaksinasi.

Kemudian dilanjutkan dengan observasi selama 30 menit untuk melihat apakah terjadi gejala pasca imunisasi atau tidak dan penerima vaksin meninggalkan ruangan.

Sementara itu Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga, mengimbau kepada warga agar tidak mempercayai berita hoaks soal vaksin Covid-19.

“Karena banyak berita di luar sana yang mengatakan vaksin Covid-19 itu begini-begini, itu tidak benar. Vaksin yang ada sudah betul-betul hasil uji klinis yang diperuntukan untuk kita sehingga kita mampu menghadapi Covid-19,” ujarnya.

Panahatan pun mengucapkan terima kasih kepada para petugas kesehatan di Puskesmas Melati yang begitu kompak dan satu visi bahwa program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas harus berjalan dengan baik dan sukses.

Komentar
Banner
Banner