Bisnis

PUPR: Infrastruktur Sebagai Pilar Menyongsong Indonesia Emas 2045

Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menegaskan, infrastruktur yang merata merupakan salah satu pilar Menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Featured-Image
Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah. Foto: Kementerian PUPR.

bakabar.com, JAKARTA - Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menegaskan, infrastruktur yang merata merupakan salah satu pilar Menyongsong Indonesia Emas 2045. 

"Pemerataan pembangunan daerah terus ditingkatkan. Wilayah Luar Jawa terutama Kawasan Timur Indonesia (KTI) didorong tumbuh lebih tinggi dari Jawa dan Kawasan Barat Indonesia (KBI) dengan tetap mempertahankan momentum pertumbuhan wilayah Jawa," kata Zainal, Minggu (3/9).

Dalam mewujudkan pemerataan pembangunan, lanjutnya, salah satu tantangannya yakni meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Konstruksi untuk pembangunan infrastruktur. 

Baca Juga: Kejar Indonesia Emas 2045, SDM Harus Mumpuni!

Selain itu, ia menyampaikan bahwa pihaknya juga berkomitmen untuk menjalankan pembangunan infrastruktur berkelanjutan yang ramah lingkungan untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon. 

"Indonesia bersama 194 negara lain telah berkomitmen dalam Paris Agreement 2016, yang juga dikukuhkan pada 2021 Climate Change Summit," ujarnya.

Baca Juga: Kejar Indonesia Emas 2045, SDM Harus Mumpuni!

Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya hingga kini terus mengembangkan inovasi teknologi infrastruktur hijau. 

"Salah satunya seperti pemanfaatan karet alam untuk campuran aspal, pengembangan teknologi waste to energy di Tempat Pembuangan Akhir Banjarbakula, dan pengembangan rusun pracetak modular dengan menerapkan lean construction di Rusun Pekerja Kawasan Industri Batang," ujarnya

Editor


Komentar
Banner
Banner