Indonesia Emas 2045

Kejar Indonesia Emas 2045, SDM Harus Mumpuni!

Pemerintah terus berupaya mewujudkan Indonesia Emas 2045. Agar terealisasi, butuh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Featured-Image
Generasi Phi tumbuh besar di era transisi. Punya identitas yang sangat cair dan cara berpikir yang fleksibel. Foto: Farah.id

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mewujudkan Indonesia Emas 2045. Agar terealisasi, butuh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono. Kata dia, sektor transportasi darat memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan hal itu.

"Karena transportasi adalah tulang punggung perekonomian dan pembangunan suatu Negara”, kata dia dalam keterangannya, Senin (28/8).

Baca Juga: Indonesia Emas 2045: Jemput dengan Kekayaan Laut

Untuk itu, ia optimis Indonesia mampu menjadi negara maju. Apalagi pertumbuhan ekonomi saat ini mencapai 5,7 persen.

Angka itu hampir mencapai indeks pertumbuhan ekonomi negara maju. Di mana patokan harus tumbuh 7 persen. 

Djoko berharap agar generasi penerus mampu beradaptasi di era modern ini. Dengan memperdalam ilmu pengetahuan terkait teknologi. 

"Terus menerus menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu bersaing di kancah Internasional", tambahnya.

Sebagai informasi. Untuk mencapai Indonesia Emas di 2045, pemerintah telah menyiapkan strategi. Salah satunya yakni menyiapkan SDM Indonesia.

Baca Juga: Capai Indonesia Emas 2045, BPKP Siap Tindaklanjuti Arahan Presiden

Presiden Joko Widodo mengatakan. Pemerintah telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 21,6 persen pada 2022 dari sebelumnya 37 persen.

Pemerintah pun menaikkan indeks pembangunan manusia (IPM) menjadi 72,9 di 2022. Kemudian indeks pemberdayaan gender menjadi 76,5 di 2022.

"Di saat yang sama SDM yang telah kita persiapkan harus mendapat lapangan kerja untuk bisa menghasilkan produktivitas nasional,” kata Jokowi.

Editor


Komentar
Banner
Banner