Gaya Hidup

Punya Motor Gede Seperti Para Pejabat Pajak? Begini Cara Merawatnya

Akhir-akhir ini motor gede alias moge seperti Herley-Davidson dan jenis lainnya sedang hangat diperbincangkan publik.

Featured-Image
Ilustrasi. Serial Jepang, High & Low The Story of S.W.O.R.D. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Akhir-akhir ini motor gede alias moge seperti Herley-Davidson dan jenis lainnya sedang hangat diperbincangkan publik setelah terkuaknya gaya hidup mewah para pejabat pajak.

Seperti diketahui sebelumnya, kabar mengenai Suryo Utomo mengendarai moge viral di media sosial. Hal ini langsung menyulut kemarahan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati yang langsung memerintahkan agar klub motor yang anggotanya berisikan jajaran para pegawai pajak bernama Belasting Rijder untuk dibubarkan.

Ia memerintahkan klub motor Belasting Rijder untuk dibubarkan karena terindikasi menjadi cerminan gaya hidup berlebihan beberapa pegawai pajak.

Nah, mengenai soal moge, ternyata motor yang memilki mesin bertenaga ini rupanya perawatan tidak sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat moge. Dilansir dari detikoto, berikut 5 cara merawat moge.

1. Rutin Mengganti Oli

Menurut Direktur Dunia Moge, Andy, pergantian oli secara rutin sangat penting bagi yang memilik moge. Karena performa moge ini sendiri harus didukung dengan kinerja mesin yang maksimal.

"Harus selalu ganti oli. Ini wajib, sebesarnya motor lainnya juga wajib kalau ganti oli, tapi di moge jauh lebih penting," ungkapnya.

2. Cek Ketegangan Rantai

Memperhatikan rantai juga menjadi salah satunya, hal ini karena power di motor-motor gede yang sangat besar.

"Rantai akan cepat kendor atau renggang karena power motor itu sendiri besar. Minimal cek 1 bulan sekali," cetusnya.

3. Perhatikan Kualitas Bahan Bakar 

Khusus moge seperti Kawasaki ZX-6R, Honda CBR 250R bahan bakar harus lebih diperhatikan karena tidak bisa sembarang menggunakannya.

"Misalnya di Kawasaki ZX-6R yang gue punya, itu menggunakan RON 95 yang artinya harus Pertamax Plus," ujarnya.

4. Sistem Kelistrikan

Kemudian sistem kelistrikan, bagian ini juga tak kalah penting itu untuk motor gede karena kebanyakan sistemnya sudah terkomputerisasi. Kesehatan aki juga harus benar-benar diperhatikan.

"Kalau motor seperti ini sistem kelistrikannya banyak dan hampir semuanya komputerisasi," paparnya.

5. Perhatikan Tekanan Angin pada Ban

Tekanan angin juga sangat berpengaruh dan jangan disepelekan. Karena pada moge tekanan anginnya kurang dari batas yang ditentukan akan mempengaruhi kinerjanya.

"Gue punya pengalaman nyata, motor ZX-6R gue pernah kurang tekanan angin bagian depan. Itu parah padahal cuma kurang sedikit tapi rasanya sudah kaya pelek rusak," tandasnya.

Nah bagi itulah 5 cara merawat motor gede. Bagi kalian yang memilki motor gede diperhatikan ya!

Editor


Komentar
Banner
Banner