Tak Berkategori

Puluhan Tahun Tekuni Karate, Iwan Fals Mengakui Untuk Berkelahi

apahabar.com, JAKARTA – Awalnya hanya menjaga diri, Iwan Fals menjadikan karate sebagai olahraga yang rutin dilakukan…

Featured-Image
Musisi legendaris Tanah Air, Iwan Fals. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA – Awalnya hanya menjaga diri, Iwan Fals menjadikan karate sebagai olahraga yang rutin dilakukan selama 40 tahun terakhir.

Iwan Fals awalnya dikenalkan dengan judo dan silat oleh sang ibu, Hj Lies, ketika pria bernama asli Virgiawan Listanto ini berusia remaja.

Namun setelah beranjak dewasa, Iwan Fals beralih ke karate. Tidak sekadar berlatih, pria yang sekarang berusia 60 tahun ini pernah menjadi juara nasional kumite atau pertarungan.

“Saya mulai latihan karate sejak usia 21, atau ketika anak saya almarhum Galang Rambu lahir. Sampai sekarang sudah sekitar 40 tahun,” ungkap Iwan Fals di kanal YouTube Soleh Solihun, Selasa (7/9).

Ternyata dorongan berlatih karate itu disebabkan niat melindungi keluarga, ketika Iwan Fals merasa terancam oleh tetangga.

“Suatu saat saya merasa keluarga saya terancam. Sebenarnya dulu karate dipersiapkan untuk berkelahi, tapi lama-lama latihan akhirnya jatuh cinta,” tutur Iwan.

Iwan Fals bercerita sempat memiliki kelompok tetangga yang butuh bantuan air. Iwan pun memberikan bantuan, sampai akhirnya tiba musim hujan.

Oleh karena merasa tidak dibutuhkan, Iwan Fals lantas mencabut aliran air ke rumah kelompok tetangga tersebut.

Namun tetangga itu marah, lalu mendatangi rumah Iwan Fals hingga memecahkan sejumlah lampu.

“Oleh karena merasa terancam, saya datangi saja rumah mereka. Saya naik motor bawa bensin di kantong plastik,” cerita Iwan Fals.

“Terus saya bilang kepada mereka kalau macam-macam dengan keluarga saya, akan saya bakar (rumah) mereka,” imbuhnya.

Atas dorongan emosi, Iwan Fals berlatih keras ketika baru memperoleh sabuk biru. Namun sekarang seiring usia dan kesibukan, antusiasme mulai menurun.

“Biasanya kalau masih sabuk biru masih semangat ingin dipraktikkan. Beda kalau sudah sabuk biru ke atas,” beber Iwan.

“Apalagi kalau sering kumite. Setelah sehari-hari sudah bertarung dalam latihan, makanya malas mempraktikkan di luaran,” sambungnya.

Di sisi lain, karate juga menjadi olahraga Iwan Fals untuk menjaga stamina, “Kalau tidak latihan karate, sulit untuk main di panggung dua jam", tandasnya.



Komentar
Banner
Banner