Hot Borneo

Puluhan Ribu KK Tercatat Sebagai Warga Miskin, Banjarmasin Selatan Terbanyak

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 41.044 Kepala Keluarga (KK) dilaporkan sebagai warga miskin di Banjarmasin. Jumlah warga…

Featured-Image
9 kelurahan di Banjarmasin dinyatakan rawan warga miskin, termasuk di Kelurahan Mantuil. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 41.044 Kepala Keluarga (KK) dilaporkan sebagai warga miskin di Banjarmasin.

Jumlah warga miskin tersebut tersebar di seluruh kelurahan. Namun terdapat 9 kelurahan yang paling rawan warga miskin, sebagian besar berada di Banjarmasin Selatan.

Kelurahan tersebut adalah Basirih, Pelambuan, Murung Raya, Tanjung Pagar, Mantuil, Gadang, Pekapuran Raya, Alalak Selatan dan Sungai Jingah.

Catatan kemiskinan ini disusun dan diverifikasi Dinas Sosial (Dinsos) Banjarmasin, setelah mendapatkan pelaporan dari RT yang diteruskan ke kelurahan.

“9 kelurahan itu yang akan menjadi fokus dan prioritas penanggulangan kemiskinan hingga 2023,” ungkap Kepala Bappeda Litbang Banjarmasin, Ahmad Sauqi, Sabtu (2/7).

Adapun permasalahan kemiskinan tersebut juga dipicu Covid-19. Faktanya sebelum pandemi melanda, angka kemiskinan di Banjarmasin sempat menurun.

“Salah satu indikator kemiskinan adalah tingkat pengangguran terbuka. Banyak warga yang terdampak pandemi lantaran terkena PHK,” jelas Ahmad Sauqi.

Kemudian tingkat pendidikan rendah dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), juga mempengaruhi indikator kemiskinan.

“Terkait peningkatan SDM, akan ditangani Dinas Pendidikan mengingat pengentasan angka kemiskinan membutuhkan integrasi dari seluruh kegiatan SKPD,” tegas Ahmad Sauqi.

“Seluruh SKPD yang memiliki program kegiatan, baik melalui APBD maupun APBN, dapat diarahkan untuk menanggulangi kemiskinan di 9 kelurahan,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner