Hot Borneo

Puluhan Pustakawan Sekolah di Tanbu Ikuti Bimtek Pendataan Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan Perpustakaan di Tanah Bumbu.

Featured-Image
Bimtek pendataan perpustakaan di Tanah Bumbu. Foto-apahabar.com/Syahriadi.

bakabar.com, BATULICIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan Perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Bimtek pendataan perpustakaan ini dilaksanakan di Aula Dispersip Tanah Bumbu, Senin (18/9/23).

"Ada sekira 50 peserta yang mengikuti bimtek pendataan perpustakaan ini," ujar Kepala Dispersip Tanah Bumbu, Yulia Rahmadani, melalui Sekretaris, Muhammad Saleh.

Muhammad Saleh mengatakan 50 peserta yang mengikuti bimtek merupakan pengelola perpustakaan dari sekolah tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK.

"Melalui bimtek ini juga agar perpustakaan yang ada di sekolah bisa mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), sehingga memudahkan dalam pendataan," tukasnya.

Pustakawan Ahli Madya Dinas Perpustakaan Provinsi Kalsel, Hj Arbayah, mengatakan dalam bimtek peserta diberitahu apa itu dan pentingnya Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

NPP merupakan kode identitas khusus pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustalaan Nasional RI.

NPP ini ditetapkan berdasarkan kode area provinsi, kabupaten/kota, dan kode unik untuk jenis perpustakaan tertentu.

"Pendataan perpustakaan ini penting untuk mengetahui kondisi semua jenis perpustakaan di Indonesia. Pendataan perpustakaan berbasis wilayah merupakan salah satu upaya Perpustakaan Nasional untuk memperbaiki tata kelola data agar terciptanya satu data perpustakaan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner