Nasional

Gelar Bimtek, Kualitas Pendataan Perpustakaan HST Diharap Meningkat

Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) buka kegiatan Bimbingan Teknik Pendataan Perpustakaan.

Featured-Image
Foto bersama peserta dan narasumber Bimtek Pendataan Perpustakaan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Senin (14/8/23). Foto-Dinas Perpustakaan HST for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI - Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Ahmad Fathoni, buka kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Pendataan Perpustakaan, Senin (14/8/23).

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada setiap wilayah kabupaten di Kalimantan Selatan. Kegiatan yang diadakan di Perpustakaan HST ini diinisiasi guna meningkatkan kualitas pendataan perpustakaan di seluruh daerah.

Fathoni mengapresiasi penuh kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan.

"Kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, serta memastikan data yang dihasilkan akurat dan bermanfaat," ungkapnya.

Kepala Bidang Pelayanan dan Kerja Sama Perpustakaan, Wildan Akhyar, mengharapkan bahwa bimbingan teknis pendataan memiliki peranan yang signifikan.

"Pendataan yang baik adalah dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat. Kami mengundang narasumber yang kompeten untuk memberikan panduan dalam bimtek ini," kata dia.

"Kami mengharapkan peserta dapat berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi di lapangan agar pendataan dapat dilakukan dengan maksimal," harapnya.

Pustakawan Madya Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad, menjelaskan pentingnya pendataan perpustakaan berdasarkan regulasi yang berlaku.

Dia merujuk pada Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang menegaskan kewajiban pembentukan perpustakaan untuk memberitahukan keberadaannya kepada Perpustakaan Nasional RI.

"Diharapkan, acara ini akan memberikan wawasan yang lebih baik kepada peserta mengenai pendataan yang akurat dan sesuai dengan regulasi yang berlaku," ungkapnya.

Baca Juga: Gratis, Nobar Film Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Perpus Palnam Banjarmasin

Editor


Komentar
Banner
Banner