Sport

Pulang Dari Piala Dunia 2022, Wasit Mateu Lahoz Berulah Lagi

Seusai dipulangkan dari Piala Dunia 2022, wasit Mateu Lahoz kembali berulah di Liga Spanyol, tepatnya dalam pertandingan Barcelona kontra Espanyol

Featured-Image
Wasit Mateu Lahoz ketika memimpin pertandingan Barcelona kontra Espanyol di Stadion Nou Camp, Sabtu (31/12) malam. Foto: Ara

bakabar.com, BARCELONA - Seusai dipulangkan dari Piala Dunia 2022, wasit Mateu Lahoz kembali berulah di Liga Spanyol, tepatnya dalam pertandingan Barcelona kontra Espanyol di Stadion Nou Camp, Sabtu (31/12) malam.

Pertandingan Liga Spanyol sudah bergulir kembali sejak, Jumat (30/12), atau sepekan setelah Piala Dunia 2022 berakhir.

Barcelona yang mengirimkan 17 pemain ke Piala Dunia 2022, langsung melakoni Derby Catalan melawan Espanyol di kandang sendiri.

Barcelona sudah berhasil memimpin 1-0 di menit 7 lewat Marcos Alonso. Gol ini bermula dari sebuah skema sepak pojok yang dilepaskan Raphinha.

Awalnya Robert Lewandowski berhasil menyundul bola, tapi melenceng dari sasaran. Selanjutnya Andreas Christensen yang berada di tiang jauh, langsung menyundul bola ke depan gawang dan diteruskan Alonso.

Setelah mencetak gol cepat, Barcelona justru kesulitan. Situasi ini terus berlanjut, ketika pertandingan memasuki babak kedua.

Barca justru kecolongan oleh gol Espanyol di menit 73. Wasit Mateu Lahoz menilai Joselu yang sedang melompat, dilanggar oleh Marcos Alonso. Penalti pun diberikan untuk Espanyol.

Joselu bertindak sebagai eksekutor dan memutuskan mengarahkan bola ke tengah. Kiper Marc Andre ter Stegen yang bergerak ke kiri, akhirnya terkecoh.

Selanjutnya terjadi hujan kartu kuning, hingga bahkan kartu merah. Barcelona harus bermain dengan 10 orang sejak menit 78, setelah Jordi Alba mendapat kartu kuning kedua akibat dinilai memprotes terlalu keras.

Lantas di menit 81, Espanyol sempat mendapat dua kartu merah sekaligus. Vinicius de Souza Costa terkena kartu kuning kedua, setelah melanggar Robert Lewandowski.

Leandro Cabrera juga mendapat kartu merah langsung, lantaran dinilai menginjak kepala Lewandowski yang terjatuh akibat dilanggar Vinicius de Souza.

Namun setelah wasit mendapat protes dan akhirnya mengecek insiden lewat VAR, hukuman untuk Cabrera dianulir.

Adapun skor imbang bertahan hingga pertandingan berakhir. Sebaliknya kartu kuning yang keluar dari kantong wasit berjumlah 11, ditambah 2 kartu kuning.

Selain untuk pemain di lapangan, Mateu Lahoz juga memberikan kartu kuning kepada pelatih Xavi Hernandez dan Raphinha yang berada di bench Barcelona.

Kemurahan kartu kuning yang dijatuhkan Lahoz, mengingatkan pertandingan Argentina versus Belanda di perempat final Piala Dunia 2022.

Lahoz yang mewasiti pertandingan tersebut, membuat rekor baru di Piala Dunia dengan mengeluarkan 18 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Masih dalam pertandingan yang sama, Lahoz memberikan waktu tambahan selama 10 menit di akhir babak kedua tanpa alasan jelas.

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, mengecam keputusan Lahoz. Akhirnya protes ini didengar FIFA yang kemudian memulangkan Lahoz ke Spanyol, kendati Piala Dunia 2022 masih berlangsung.

Editor


Komentar
Banner
Banner