Sepak bola nasional

PSSI Gelar Sarasehan, Besok Nasib Liga 2 Akan Ditentukan

Menjelang acara Sarasehan Exco PSSI Arya Sinulingga menjelaskan beberapa poin yang menjadi pembahasan acara Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) itu

Featured-Image
PSSI akan menggelar Sarasehan Sepak Bola Nasional yang akan digelar pada 4 Maret 2023 di Surabaya (Foto: dok. PSSI)

bakabar.com, JAKARTA – Menjelang acara Sarasehan Sepak Bola Nasional, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga menjelaskan beberapa poin yang menjadi pembahasan acara Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) itu.

Menurut Arya, acara Sarasehan Sepak Bola Nasional yang akan berlangsung di Surabaya pada 4 Maret 2023 mendatang akan membahas terkait dengan perkembangan sepak bola nasional.

“Pertemuan di Surabaya itu rembuk penentuan mengenai konsep Liga 1 dan Liga 2, hal ini merupakan implementasi program jangka pendek yang seperti disampaikan Pak Erick [Ketum PSSI] dan juga seperti yang diminta oleh Pak Jokowi,” ujar Arya dikutip dari Antara.

Terkait dengan konsep dan sistem liga sepak bola Indonesia, Exco PSSI era Erick Thohir itu mengatakan akan didiskusikan dengan masing-masing klub termasuk persoalan tentang degradasi klub Liga 1.

Baca Juga: PBSI Targetkan Dua Emas di All England 2023

“Semua akan dibahas di sana, klub yang akan menyepakati apakah Liga 2 diteruskan atau ada tim yang degradasi di Liga 1, semuanya klub yang akan memutuskan,” lanjut Arya.

Tak hanya itu, Arya Sinulingga juga menyampaikan nantinya di acara Sarasehan juga akan dibahas soal pertandingan-pertandingan yang ditunda akibat perijinan yang belum ada.

Pasalnya, menurut Arya, terkait perizinan penyelenggaran sepak bola hal tersebut sudah sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

“Ini hal yang penting untuk disampaikan [perizinan], Pak Jokowi sudah memberi jaminan untuk membicarakan hal itu dengan Kapolri, jadi nantinya tiga bulan sebelum pertandingan izin sudah turun,” tuturnya.

Baca Juga: Indonesia Vs Suriah, Skuat Garuda Nusantara Fokus Benahi Kesalahan

Tak hanya membahas soal kompetisi Liga, Arya juga menyampaikan acara Sarasehan juga akan membahas terkait dengan Training Center (TC) untuk Tim Nasional Indonesia.

Dirinya mengatakan, PSSI akan mengumumkan tempat Training Center (TC) bagi timnas Indonesia yang sudah ditargetkan oleh Presiden Jokowi.

“Lapangan untuk TC maupun stadion juga akan diumumkan di sana [Sarasehan], tempatnya di IKN dan Desember sudah jadi,” pungkas Arya.

Untuk diketahui, acara Sarasehan Sepak Bola Nasional ini merupakan tindak lanjut dari visi dan misi Ketum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir dalam mencari formula untuk meningkatkan prestasi sepak bola Tanah Air.

Editor


Komentar
Banner
Banner